KPK Turut Amankan Sejumlah Uang saat OTT Bupati Meranti

KPK Turut Amankan Sejumlah Uang saat OTT Bupati Meranti

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM  --Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Meranti, Muhammad Adil, Kamis (6/4/2023) malam. Dari OTT itu, KPK turut mengamankan barang bukti berupa uang.

"Untuk bukti uang, sementara kami pastikan tim juga mengamankannya," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jumat (7/4/2023). 

Ali mengatakan, KPK masih melakukan penghitungan jumlah uang yang diamankan.

"Penyidik KPK juga masih mengkonfirmasi kepada beberapa pihak yang diamankan," ungkap Ali.

Ali menegaskan, sebagai pemahaman bersama, mengenai jumlah uang besar ataupun kecil itu bukan utama dalam pembuktian unsur korupsi.

"Sedikit atau banyak sama saja itu perbuatan korupsi, bahkan menerima janji pun bila itu ada transaksi terkait penyalahgunaan jabatan sebagai penyelenggara sudah masuk kategori tindak pidana korupsi," tambahnya.

Sebelummya, Ali menyatakan dalam OTT itu, selain Adil juga diamankan puluhan pejabat di kabupaten termuda di Provinsi Riau itu.

"Sejauh ini puluhan orang pejabat strategis di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti yang ditangkap KPK. Juga ada pihak swasta," kata Ali Fikri.

Adil dan pejabat yang diamankan langsung dari Kepulauan Meranti ke Pekanbaru. Selanjutnya mereka akan diterbangkan ke Jakarta untuk melakukan pemeriksaan di Gedung Merah Putih.

Infomasi sementara, Adil dan rombongan dijadwalkan berangkat pada pukul 10.00 WIB. "Masih perjalanan ke Jakarta," kata Ali.

Ketua KPK, Firli Bahuri juga membenarkan perihal adanya penangkapan tersebut.

"Alhamdulillah, satu kepala daerah Bupati Meranti berhasil ditangkap tangan. Saya selalu menyampaikan bahwa saya bekerja profesional sesuai ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan," ujar Firli Jumat pagi tadi.

Menurut Firli, tidak boleh ada cacat hukum di akhir masa jabatan pimpinan KPK. "Karena kami berlima selalu hati-hati, proden dan kompak dalam membuat keputusan. Setiap keputusan diambil secara bulat," tambahnya.

Dipaparkan Firli, OTT terhadap Bupati Kepulauan Meranti ini merupakan yang pertama di tahun 2023.

"Hari ini kita berhasil tangkap tangan Bupati Meranti. Selama tiga bulan sejak Januari sampai dengan 31 maret 2023, tidak ada tangkap tangan," tuturnya.

Disinggung korupsi apa yang dilakukan Bupati Meranti, Firli menyatakan nanti pihaknya akan menyampaikan lebih lanjut.

"Nanti ada penjelasan," beber Firli.

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index