Perbaikan Jalan Parit Indah Pekanbaru Tahap Rekayasa Lapangan

Perbaikan Jalan Parit Indah Pekanbaru Tahap Rekayasa Lapangan

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Perbaikan Jalan Parit Indah Kota Pekanbaru, saat ini berada di tahap rekayasa lapangan. Nantinya Jalan Parit Indah ini akan dilakukan perbaikan secara overlay atau pelapisan ulang.

Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan pihaknya sudah melakukan Entry Meeting dengan pendamping dari Kajari, bahkan sudah ekspos dan tinggal eksekusi di lapangan.

"Kalau rekayasa lapangan sudah mulai tu, tetapi kan ada beberapa langkah yang harus dilakukan," ujar Edu sapaan akrabnya, Jumat (19/5/2023).

Ia mengatakan tidak hanya melakukan perbaikan jalan, pihaknya juga akan melakukan pembenahan pada parit jalan. Nantinya parit di Jalan Parit Indah itu juga akan dilakukan penarikan sedimen dan mengalirkan jalur paritnya.

Kemudian, akan ada beberapa titik akan dinaikkan levelnya karena saat ini badan jalannya lebih tinggi dari jalannya sehingga dinaikkan agar air bisa dibuang ke kiri dan kanan parit.

"Apalagi pembangunan toko ruko yang di sepanjang jalan itu udah lebih tinggi dari badan jalan, makanya air tergenang ke arah badan jalan sehingga menyebabkan jalan cepat rusak. Untuk itu nantinya akan dilakukan pengerukan atau penarikan sedimen sehingga air tidak lagi tergenang ke badan jalan," cakapnya.

Edu mengatakan untuk panjang Jalan Parit Indah yang akan dioverlay lebih kurang 2 kilometer. Untuk penanganan ada tiga angka, untuk yang pertama itu 1.680 x 11 Meter untuk yang dari Jalan Sudirman, kemudian ada yang 318 x 6 Meter dan selanjutnya 50x7.5 Meter.

"Jadi penanganan itu kita selesaikan sampai jembatan yang dekat pengadilan. Sama seperti yang di Suka Karya, kalau ada spot yang (bagus) maka dilewatkan sedikit, biar bisa diselesaikan sampai perbatasan jembatan itu. Kalau totalnya itu lebih kurang 2 Km. Makanya Minggu depan kita cek lapangan untuk memastikannya lagi," sebutnya.

"Untuk pagu anggaran Rp5,3 miliar. Ini berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi Riau," imbuhnya.

Sebagai informasi tahun ini Pemerintah Provisi (Pemprov) Riau mengalokasikan dana bantuan keuangan (Bankeu) untuk perbaikan jalan rusak yang ada di Kota Pekanbaru.

Untuk perbaikan jalan tersebut, Pemko Pekanbaru akan mendapat bantuan dari provinsi sebesar Rp13 miliar.

Anggaran tersebut bukan hanya untuk Jalan Parit Indah, namun juga digunakan untuk perbaikan ruas jalan lainnya. Ruas jalan tersebut diantaranya Jalan Firdaus, Jalan Tanjung, kemudian Jalan Pemuda, Tampan di Kecamatan Payung Sekaki.

Selain bantuan dari Bankeu provinsi, Pemerintah Kota Pekanbaru juga akan melakukan overlay tiga ruas jalan tahun ini. Tiga jalan itu yakni Jalan Suka Karya, Delima, dan Dahlia.

Tiga ruas itu diperbaiki dengan menggunakan anggaran Pemko Pekanbaru melalui Dinas PUPR.

Berita Lainnya

Index