Ikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila Secara Virtual, Ini Pesan Kapolres Meranti pada Personel

Ikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila Secara Virtual, Ini Pesan Kapolres Meranti pada Personel

MERANTI, RIAUREVIEW.COM--Kapolres Kepulauan Meranti Polda Riau, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Kamis (1/6/2023) pagi, bertempat di ruang rapat utama Mapolres, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir (harlah) Pancasila 01 Juni 2023 secara virtual yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

 

 

Ikut juga hadir, Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, para PJU dan perwira Polres Kepulauan Meranti.

Dalam amanat selaku inspektur upacara, Presiden Joko Widodo mengatakan, bahwa di tengah krisis yang melanda dunia, Indonesia adalah satu dari 1.000 negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politiknya. Inflasi terkendali investasi tumbuh dan lapangan kerja bertambah.

"Ini adalah sumbangsih seluruh anak bangsa berkat persatuan berkat kerja keras dan gotong royong bangsa ini berhasil menghadapi tampuk dan semakin dipercaya dunia," kata Joko Widodo.

Jokowi menambahkan, semua itu pondasinya adalah ideologi Pancasila yang diwariskan presiden pertama republik Indonesia, Soekarno. Ideologi yang harus terus dipegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa.

"Saat ini kita masih terus berjuang untuk menghadirkan pembangunan yang adil dan beradab ini butuh kesinambungan dan keberlanjutan. Personil dalam pemerintah bisa terganti tapi perjuangan tak boleh terhenti. Keadilan pemerataan dan kesejahteraan adalah yang ingin kita wujudkan melalui reformasi struktural, peningkatan kualitas sumber daya manusia, stabilisasi industri dan pembangunan ibukota Nusantara," katanya.

Presiden menambahkan, Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Presidensi ke-20 yang telah sukses dilaksanakan ketuaan ASEAN tahun ini merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia tetapi juga sangat relevan untuk dunia.

 

 

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Toleransi persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh oleh sebab itu saya mengajak kita semua untuk menolak ekstremnisme menolak politisasi identitas menolak politisasi agama," ujar Jokowi lagi.

"Mari kita menyambut pesta demokrasi pemilu 2024 dengan kedewasaan dengan sukacita dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila memperjuangkan Indonesia maju yang adil yang sejahtera serta berwibawa di kancah dunia. Selamat hari lahir Pancasila. Salam Pancasila. Merdeka," tutupnya.

Usai mengikuti upacara secara virtual yang bertemakan “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Nasional” tersebut, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul mengimbau kepada seluruh personelnya untuk dapat memaknai hari lahir Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara.

Selanjutnya, harapnya, dapat pula diaplikasikan dalam tugas kepolisian untuk berkerja sama, saling menghargai, solid, memberikan yang terbaik bagi institusi dan saling mengingatkan untuk tidak melakukan pelanggaran.

 

 

"Berkerjalah dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Kemudian, tingkatkan sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dalam membangun Meranti kedepan lebih baik, serta ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi," pesan Andi Yul. 

(Supandi)

Berita Lainnya

Index