Syukuran 'Bersih Desa

Bagus Santoso Nonton Bareng Wayang Kulit dan Resmikan Lapangan Bola Volly Bermasa

Bagus Santoso Nonton Bareng Wayang Kulit dan Resmikan Lapangan Bola Volly Bermasa
Wabup Dr. H. Bagus Santoso saat menyerahkan wayang kulit tanda ibukanya acara kepada Dalang Kondang Aditya Saputra Dalang Cilik dalam agenda syukuran Desa Langkat, Jumat (2/6/2023).(sukardi)

SIAK KECIL,RIAUREVIEW.COM—Sudah menjadi tradisi agenda rutin tahunan di Desa Langkat, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis menggelar acara bersih Desa melalui Syukuran. Rangkaian kegiatannya adalah kenduri desa dan pagelaran wayang semalam suntuk, Jumat (2/6/2023).

Momentum Bersih Desa pada  tahun 2023 ini, Wakil Bupati Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso  turut menghadiri kegiatan, selain  menonton bareng pagelaran wayang kulit, Bagus Santoso juga meresmikan Lapangan Bola Volly Bermasa, yang langsung dipakai sekaligus sebagai halaman gedung serbaguna Desa Langkat, tempat digelarnya pertunjukan wayang kulit.

Kehadiran Bagus Santoso yang juga Pimpinan Persatuan Pedalangan Indonesia Provinsi Riau dan Ketua Pembina  DPD PUJAKESUMA (Putera Jawa Kelahiran Sumatera) Kabupaten Bengkalis  disambut suka cita oleh masyarakat, yang tumpah ruah memadati arena pagelaran.

Pada acara yang disesaki ribuan warga dari desa eks transmigrasi tersebut Bagus Santoso mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada jajaran pemerintahan Desa Langkat yang tetap konsisten mengadakan kegiatan bersih desa, semoga desa ini adem, ayem, guyub dan sejahtera.

Dewan Penasehat Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) itu mengajak warga memaknai bersih desa dengan bersih lahir batin memperkuat persatuan melanggengkan “Peseduluran” serta menjauhi sifat permusuhan.

“Kami dari Pasangan Kasmarni - Bagus Santoso (KBS) terus hadir dan berupaya sekuat tenaga dengan niat ikhtiar dan ikhlas membangun negeri ini. Apalagi di masa pemerintahan KBS Pemkab komitmen mempercepat membangun desa dengan menganggarkan dana Bantuan Keuangan Khusus Program  Bermasa yakni 1 milyar 1 desa dan 1 milyar 1 kecamatan,”katanya.

Bagus menimpali, dimasa KBS sudah 2 kali menyalurkan dana Bermasa ini, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat, tidak hanya kegiatan kesenian, olahraga, keagamaan. Namun juga bermanfaat bagi pendidikan, kesehatan.

Bersih Desa

Diuatarakannya, makna bersih kampung (des) itu bukan saja berarti bersih secara fisik kasat mata tetapi  bersih-bersih dan semangat menjalankan tugas sehari-hari, baik itu perseduluran maupun membangun desa, sehingga bersih jasmani dan rohani.

"Dalam menjalani hidup kita tetap menggunakan filosofi jawa Nrimo Ing Pandum, Ojo Adigang Adigung Adiguni dan Sopo Nandur Bakal Ngunduh insya Allah kehidupan kita mulia,”timpalnya.

Pengutaraan senada disampaikan Camat Siak Kecil Syahnan Ady Kesuma, pada kesempatan itu Syahnan Ady Kesuma mengatakan, pegelaran wayang kulit ini bentuk melestarikan budaya yang ada di daerah dan negara Indonesia. Sehingga selalu dikenal para generasi muda saat ini.

“Kita sadari saat ini generasi muda kita disibukkan dengan gadget, sehingga dengan pelestarian budaya wayang kulit ini tentu akan membekas didalam sanubarinya,”ujarnya.

Kepala Desa Langkat Mesiran mengutarakan, acara ini digelar rutin setahun sekali, selain itu mensyukuri panen raya dan kedamaian desa. Selain itu untuk melestarikan budaya serta ajang merekatkan silaturahmi antara warga.

“Kami warga desa juga mengucapkan terima kasih atas program Bermasa KBS. Kami sangat terbantu membangun desa insya Allah desa kita semakin maju,”tuturnya.

Selain dihadiri Wabup Bagus Santoso, Camat, Kades juga Tampak hadir pada acara tersebut Ketua PKK Kabupaten Bengkalis Hj Siti Aisyah, Babhinsa E Siregar, Babhinkamtibmas Eko W dan undangan lainnya.

Acara nonton bareng pagelaran wayang  kulit semalam suntuk dipimpin Dalang Kondang Aditya Saputra Dalang Cilik, yang kini sudah beranjak remaja dengan lakon Wahyu Senopati.(info/sukardi)
 

Berita Lainnya

Index