Ingin Kabur ke Batam, Polisi Hentikan Langkah Tersangka TPPO di Bandara SSK II Pekanbaru

Ingin Kabur ke Batam, Polisi Hentikan Langkah Tersangka TPPO di Bandara SSK II Pekanbaru
Tersangka TPPO (pakai peci, tengah) diamankan tim satreskrim Polres Bengkalis.

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Satuan Reskrim Polres Bengkalis melalui Unit Tipidter kembali mengamankan 1 (satu) orang pelaku Tindak Pidana Perdagangan Oranga (TPPO) Rabu (7/6/2023) pukul 09.30 WIB di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Diamankannya tersangka, setelah berhasil mengamankan 28 (dua puluh delapan) calon Pekerja Migran Indonesi (PMI) berikut 2 (dua) orang pelaku TPPO. Dari pengungkapan kasus atensi Kapolda Riau tersebut, Satuan Reskrim Polres Bengkalis mengembangkan terhadap jaringan lain.

Dari pengembangan yang dilakukan, didapatkan bahwa 1 terduga pelaku inisial H kabur ke arah Pekanbaru. Mendapatkan informasi berharga itu, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro memerintahkan Satresmrim Polres Bengkalis untuk segera melacak tersangka di Pekanbaru.

Sesampainya di Pekanbaru, Tim mendapatkan info bahwa pelaku H akan berangkat menuju Batam, Kepri melalui Bandara SSK II. Tim segera berkoordinasi dengan pihak protokol dan AVSEC Bandara SSK II guna mencegat pelaku.

Alhasil, koordinasi yang dilakukan tim berhasil mengamankan H di bandara SSK II saat hendak check in. H yang diamankan mengaku, hanya berperan mengurus dan mengkoordinir 9 org dari 28 orang PMI yang sudah diamankan oleh Polres Bengkalis.

Dari tangan tersangka ini, sejumlah barang bukti disita diantaranya 1 unit Handphone Merk Android warna Biru Hitam. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannnya, tersangka bersama barang bukti sudah berada di Mapolres Bengkalis, guna proses penyidikan lebih lanjut.

"Setelah semua pemeriksaan rampung, Polres Bengkalis akan mengadakan konferensi pers terkait pengungkapan kasus TPPO yang menjadi Atensi Presiden RI, Kapolri, dan Kapolda Riau,," ujar AKBP Setyo Bimo Anggoro.(ra)

 

Berita Lainnya

Index