Pasca Terbakar, Gedung Eks MPP Pekanbaru Dibangun di 2024

Pasca Terbakar, Gedung Eks MPP Pekanbaru Dibangun di 2024

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM  --Pembangunan kembali gedung eks Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru yang terbakar beberapa waktu lalu akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang. Rencananya bangunan beralih fungsi menjadi alun-alun kota.

Komplek layanan yang berada di Jalan Jendral Sudirman ini akan ditata ulang sesuai rencana pembangunan. Pemerintah Kota Pekanbaru tengah membuat Desain Engineering Detil (DED) bangunan baru untuk dibawa dalam diskusi publik.

"Kita sedang mendesain, perkantoran ini rencana kita dijadikan alun-alun. Ini baru rencana, kita akan undang stakeholder untuk membicarakan ini seperti apa kedepannya," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (4/7).

Ia menuturkan, jika DED bangunan atau rencana bangunan rampung akan dibawa ke diskusi publik bersama sejumlah tokoh dan masyarakat. Jika disetujui untuk pembangunan alun-alun, maka pembangunan dimulai tahun depan.

Pemerintah kota juga tengah melakukan penghapusan aset bangunan tersebut. Bangunan ini segera dibongkar untuk dibangun ulang.

"Kita sedang penghapusan aset. Bangunan ini akan dibongkar. Ya, kalau aset sudah dihapus, tahun depan kita mulai pembangunan," ungkapnya.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun tegaskan untuk pembangunan alun-alun di area eks Mal MPP Pekanbaru yang terbakar masih sebatas wacana. Hal ini dikatakan Muflihun setelah adanya pro kontra dari kalangan masyarakat terhadap rencana pembangunan alun-alun kota.

Muflihun memastikan rencana pembangunan alun-alun masih sebatas wacana, dan rencana tersebut belum final. Terkait rencana itu, Muflihun juga akan membuka konsultasi publik untuk mendengar masukan dari sejumlah karangan.

"Bisa saya sampaikan bahwa itu masih sebatas wacana saja," kata Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, Kamis (11/5).

Ia menuturkan, pihaknya segera menggelar konsultasi publik terlebih dahulu terkait seperti apa nantinya pembangunan di bekas gedung MPP Pekanbaru tersebut.

"Yang pasti nanti kita akan undang akademisi, dari mahasiswa, tokoh masyarakat untuk kita bersama-sama membicarakan semuanya. Karena Mal ini adalah pelayanan masyarakat. Maka hasil rembuk pemerintah dan masyarakatlah nantinya bagaimana MPP Pekanbaru ini kedepannya," pungkasnya.

Diketahui kebakaran Gedung B MPP Pekanbaru terjadi pada Minggu (5/3) lalu. Api diduga berasal dari plafond lantai 3 Gedung B MPP.

Api terus membesar, hingga hampir seluruh isi Gedung B hangus terbakar. Termasuk layanan-layanan yang ada di lantai 1 MPP. 

 

 

Sumber: riauaktual.com

Berita Lainnya

Index