5 Bahan Makanan Ini Bisa Beracun saat Dipanaskan Kembali

5 Bahan Makanan Ini Bisa Beracun saat Dipanaskan Kembali

RIAUREVIEW.COM -Setiap orang harus memilih-milih makanan sebelum dikonsumsi apalagi yang sudah dimasak matang. Ada beberapa jenis makanan jika dipanaskan kembali malah memicu toksin.

Sayangnya, tidak banyak orang menyadari bahaya buruk tersebut. Malahan jenis makanan tersebut selalu dikonsumsi setiap hari, tapi sering dipanaskan ketika tidak habis.

Nah, mulai sekarang jangan biarkan kebiasaan itu masih terus dilakukan. Sebab Anda mudah keracunan atau malah menderita penyakit lain, terkait gangguan pencernaan.

Kira-kira makanan apa saja yang dimaksud? Simak lima ulasannya berikut, dilansir Timesofindia, Rabu (6/6/2018).

Kentang

Saat dimasak sampai matang, kentang bisa kehilangan nilai. Apalagi kalau didiamkan terlalu lama dalam suhu ruangan, dampaknya bisa memicu keracunan makanan yang ditandai dengan mual. Nah, efek buruk ini juga tambah fatal ketika kentang yang sudah matang dipanaskan kembali.

Nasi

Nasi yang sudah matang jangan dipanaskan kembali kalau dingin. Bahan bakunya beras ternyata mengandung spora yang berubah menjadi bakteri, yang tetap bertahan hidup meski sudah dimasak jadi nasi. Nantinya pasti menghasilkan racun yang dapat menyebabkan diare dan muntah. Karena itu, hindari memanaskan nasi saat kondisi dingin.

Telur

Telur kaya protein jika dipanaskan dalam suhu tinggi akan menyebarkan racun. Itu sebabnya Anda bisa mengalami gangguan pencernaan yang berbahaya. Jangan sesekali memanaskan telur yang sudah matang, karena nilai gizi proteinnya hilang dan sia-sia dikonsumsi.

Ayam

Jamur dan ayam juga tinggi protein sama seperti telur. Jika dikonsumsi dalam kondisi dipanaskan, nilai gizinya juga hilang. Bahkan, ayam yang sudah matang juga dapat memicu banyaknya lemak. Apalagi kalau dipanaskan kembali, dampaknya merugikan.

Bayam

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam kaya nitrat dan besi. Ketika dipanaskan, nitrat tersebut dapat berubah jadi zat karsinogenik, yang menyebarkan sel kanker di jaringan hidup. Sayangnya belum banyak orang tahu akan dampak ini. Sehingga dari sekarang jangan coba lagi panaskan sayur bayam yang sudah matang.

Berita Lainnya

Index