Berkaca dari Kabel Semrawut yang Makan Korban, Pemko Pekanbaru Diminta Lakukan Penertiban

Berkaca dari Kabel Semrawut yang Makan Korban, Pemko Pekanbaru Diminta Lakukan Penertiban

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM - Dua siswa Pekanbaru menjadi korban kabel yang melintang di Jalan SM Amin simpang Tiga Dara, Senin (28/8/2023). Akibatnya dua pelajar kakak beradik itu mengalami luka di bagian leher akibat terjerat kabel tersebut.

Berkaca dari hal tersebut, Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono meminta Pemerintah Kota Pekanbaru untuk menertibkan dan menata kabel-kabel jaringan telekomunikasi.

"Persoalan ini sudah urgent. Bukan hanya keindahan kota saja, tapi ini membuat bahaya masyarakat. Kalau sudah kejadian seperti ini, yang bertanggung jawab siapa? Kita juga bingung. Terus kabel itu siapa yang punya kita tidak tahu," kata Sigit, Rabu (30/8/2023).

Pemko Pekanbaru juga diminta mendata dan menindak tegas perusahaan yang bergerak di bidang jaga telekomunikasi yang diduga pemilik kabel yang menimbulkan korban tersebut.

"Maka itu kita minta Pemko Pekanbaru sesegera mungkin panggil provider-provider itu, yang bertanggung jawab di lapangan itu siapa. Seandainya ada kejadian seperti ini, siapa yang mau kita salahkan lagi. Provider mana," tegasnya.

Pemko Pekanbaru harus memiliki regulasi khusus yang mengatur soal kabel-kabel fiber optik. Sehingga, dinas terkait bisa melakukan tindakan di lapangan.

"Sekarang ini kita mau lapor adanya kabel-kabel yang putus, jatuh dan menjuntai ditepi jalan, kita tidak tahu kemana melapornya. Saya sendiri saja juga tidak tahu kemana mesti melapor. Kita tidak tahu juga itu punya siapa karena provider ini cukup banyak," jelasnya.

"Makin hari, makin bertambah dan makin berserakan. Kita mendesak Pemko Pekanbaru untuk membuat perwako atau aturan supaya provider-provider telekomunikasi ini jelas siapa yang harus bertanggung jawab," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya Dua orang siswa yang mengendarai sepeda motor menjadi korban kabel yang melintang di jalan. Akibatnya dua orang pelajar kakak beradik itu mengalami luka di bagian leher akibat terjerat kabel.

Diketahui kakak beradik tersebut bernama M Lutfi dan Faiz. Saat mengendarai sepeda motor, mereka terjatuh akibat kabel tersebut.

Orangtua kedua pelajar tersebut juga telah melaporkan kejadian kabel melintang itu ke pihak kepolisian.

Kanit Reskrim Polsek Tampan, AKP Aspikar membenarkan kejadian kabel melintang di Jalan SM Amin yang memakan korban tersebut.

“Iya memang ada korbannya dua pelajar terjatuh karena kabel melintang itu. Mengalami luka di bagian leher,” kata Aspikar.

Lanjutnya, orang tua korban memang telah melapor ke pihak kepolisian dan petugas juga telah menuju ke lokasi kejadian untuk mencari tahu siapa pemilik kabel tersebut.

"Melapornya tidak tertulis hanya lisan saja. Dan kami sudah ke TKP (tempat kejadian perkara) untuk mencari tahu dan melakukan penyelidikan pemilik kabel itu," pungkasnya.

 

 

 

SUMBER: CAKAP.LAH.COM

Berita Lainnya

Index