Soal Spanduk dan Baliho Bacaleg Bertebaran, Begini Penjelasan Bawaslu Riau

Soal Spanduk dan Baliho Bacaleg Bertebaran, Begini Penjelasan Bawaslu Riau
Amiruddin Sijaya (FOTO: CAKAPLAH.COM)

RIAUREVIEW.COM --Spanduk dan baliho menampilkan gambar dan foto terkait Pemilu semakin marak di Riau, khususnya Pekanbaru. Baliho dan spanduk itu berisi gambar partai politik peserta Pemilu 2024 beserta bakal calon presiden maupun Bacaleg.

Menanggapi itu, Anggota Bawaslu Provinsi Riau Amiruddin Sijaya mengimbau Partai Politik untuk memahami perbedaan antara sosialisasi dan kampanye jelang hari pemungutan suara Pemilu Serentak 2024.

Kata Amiruddin, Partai Politik harus dapat membedakan antara sosialisasi dan kampanye pada perhelatan Pemilu 2024 ini. Sekarang ini belum memasuki jadwal masa kampanye bahkan belum ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

"Jadi alat peraga yang saat ini terpasang masih merupakan alat peraga sosialisasi, namun disarankan agar tidak menjurus ke arah kampanye karena jadwal kampanye Pemilu sudah diatur pada Peraturan KPU nomor 3 Tahun 2022," kata Amiruddin, Senin (30/10/2023).

Lanjut Amiruddin, waktu pelaksanaan kampanye sudah ditentukan jadwalnya dan penjelasan lebih konkrit diatur dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 dan Perubahannya pada Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2023. Sesuai jadwal, pelaksanaan kampanye dimulai dari tanggal 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Amir menjelaskan, Pengawas Pemilu belum bisa melakukan penindakan terhadap baliho yang dipasang oleh bakal calon anggota legislatif, karena yang bersangkutan belum ditetapkan sebagai calon tetap.

Lanjut dia, untuk penindakan terhadap baliho-baliho tersebut dapat dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam penegakan peraturan daerah terutama yang berkaitan dengan izin reklame, zona hijau serta memperhatikan etika dan estetika.

“Ruang yang saat ini tengah berlangsung adalah ruang sosialisasi, jadi alat peraga yang terpasang adalah alat peraga sosialisasi,” jelas Amir.**

 

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index