Modus Kejahatan Ganjal Mesin ATM di SPBU, Begini Cara Kerja PelakuH

Modus Kejahatan Ganjal Mesin ATM di SPBU, Begini Cara Kerja PelakuH
Ilustrasi/FOTO: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Pelaku pencurian dengan pemberatan dengan modus ganjal mesin ATM di komplek SPBU berhasil diringkus oleh Polres Dumai, Riau.

Kapolsek Bukit Kapur Iptu Irsanuddin Harahap mengatakan, pelaku sendiri berinisial AD (42) yang berasal dari Batam, Kepulauan Riau.

“Cara kerja tersangka dengan modus ganjal mesin ATM menggunakan korek api kayu ataupun lidi,” kata Irsanuddin, Kamis (2/11/2023).

Ia menceritakan, kejadian bermula saat petugas SPBU menerima aduan dari masyarakat bahwa mesin ATM di SPBU tersebut tidak bisa melakukan transaksi karena kartu ATM tidak dapat dimasukkan ke dalam mesin.

“Menaruh rasa curiga atas aduan tersebut, petugas SPBU kemudian membuka rekaman CCTV yang berada di dalam ruang mesin ATM. Petugas menemukan pada rekaman tanggal 14 Oktober 2023, tepatnya sekitar pukul 09.27 WIB, terlihat seorang laki-laki seperti dengan sengaja memasukkan sesuatu ke dalam slot mesin ATM,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Iptu Irsanuddin, Selasa (31/10/2023) sekitar pukul 16.10 WIB, saat petugas SPBU yang sama sedang bertugas melihat laki-laki yang sebelumnya terekam CCTV dengan sengaja memasukkan sesuatu ke dalam slot mesin ATM tersebut datang lagi.

“Mengetahui dan mengenali laki-laki yang sebelumnya terekam rekaman CCTV tersebut, petugas SPBU itu langsung memantau gerak-geriknya saat sedang berada di dalam ruangan mesin ATM. Terlihat dari kamera CCTV seorang laki-laki itu sedang melancarkan aksinya dengan berpura-pura membantu korbannya yang sedang kesulitan karena tidak bisa memasukkan kartu ATM miliknya,” ungkapnya.

Pelaku sendiri bisa mengetahui pin ATM korban dan bisa menukarkan kartu ATM yang mirip dengan milik korban dan jika pelaku telah berhasil akan digunakan untuk menarik ataupun menguras uang dalam kartu ATM korban.

Setelah mengetahui percobaan tersebut, petugas SPBU bersama security langsung berjalan menuju ke ruangan mesin ATM dan mencegah pelaku di depan pintu sehingga tidak dapat melarikan diri serta melaporkannya ke Polsek Bukit Kapur, Dumai.

“Kami juga mengamankan barang bukti berupa 11 kartu ATM yang diduga milik korban-korbannya. Saat ini masih kita di dalam sudah berapa banyak uang korbannya yang berhasil dirampas pelaku dari modus tersebut,” pungkasnya.

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index