LPPM Unilak Bersama Kementerian Desa RI Adakan Pelatihan Konten Kreator Desa Cerdas

LPPM Unilak Bersama Kementerian Desa RI Adakan Pelatihan Konten Kreator Desa Cerdas

RIAUREVIEW.COM --Perkembangan teknologi saat ini telah mampu memberikan kemajuan bagi lapisan kehidupan masyarakat, tak hanya di perkotaan namun juga masyarakata desa. Hampir setiap hari berbagai konten kreatif di masyarakat dapat dengan mudah dan dilihat.

Untuk memberikan pemahaman dan memunculkan ide kreatif bagi masyarakat desa, LPPM Unilak bersama dengan Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengadakan pelatihan bagi masyarakat desa Pulau Permai Kab Kampar, 5 November 2023 lalu.

Dari Kementerian Desa hadir Putra W. Purba staf Pusat Pengembangan Daya Saing Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Dikatakannya Konsep Desa cerdas memang harus bisa memanfaatkan teknologi, sangat sayang kalaw kita tidak memanfaatkan teknologi untuk kehidupan kita sehari-hari. 

"Desa cerdas ini ada ekonomi cerdas, ada masyarakat cerdas, harapan kita pelatihan ini bisa menjadi ilmu baru dan diterapkan sehingga mampu melahirkan kesejahheraan masyarakat, kami ucapkan terima kasih kepalda desa, 

Sebagai narasumber pelatihan diberikan oleh M Revnu Ohara M.Ikom dosen Fasilkom Unilak, dengan peserta aparat desa, dan masyarakat yang diadakan di aula kantor desa, diikuti lebih dari 30 orang. turut hadir Kepala Desa Pulau Permai Kamaruddin.

Kamaruddin dalam sambutannya mengatakan, saat ini kita sudah dihadapkan dengan perkembangan digital. Kita sudah hidup dijaman yang berkembang teknologinya. Apa saja yang kita jumpai semuanya pasti ada unsur teknologi. Jadi kita sebagai masyarakat mau tidak mau harus mengikuti perkembangan ini. 

"Saya juga berharap nantinya LPPM bisa memberikan informasi dan ilmu untuk desa ini, pelatihan ini kita sambut baik dan positif, karena ilmu yang kita terima dapat kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan SDM di desa ini." ujar Komaruddin.

Sementara itu LPPM Unilak yang diwakili oleh Guntoro ST M.Kom, menyebutkan ini merupakan kerjasama LPPM Unilak dengan Kementerian Desa tepatnya pada program smart village berupa pelatihan konten kreator.

"Pelatihan ini memfokuskan bagaimana masyarakat bisa membuat konten. Karena saat ini perkembangan teknologi sangat pesat sehingga pertukaran informasi sangat cepat dan cukup melalui smartphone, oleh karena itu semoga pelatihan konten kreator ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebut Guntoro.

Sementara itu M Revnu Ohara, dalam materinya menyebutkan, bahwasanya dalam menjadi seorang content creator kita harus memiliki beberapa kemampuan dasar seperti ide kreatif, kemampuan foto dan video, editing serta keberanian dan semua itu bisa di asah asalkan kita semua disiplin, komitmen dan konsisten.

Ditambahkan Revnu, bahwa di Universitas Lancang Kuning juga memiliki Prodi yang cocok untuk content creator yaitu bisnis digital, ini bisa menjai pilihan jika ingin menekuni dunia teknologi.

Berita Lainnya

Index