Milad ke 2, Unilak Medical Centre Kini Telah Menerima Peserta BPJS Kesehatan

Milad ke 2, Unilak Medical Centre Kini Telah Menerima Peserta BPJS Kesehatan

RIAUREVIEW.COM --epat pada peringatan Milad Unilak Medical Centre yang ke 2, Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak) mengadakan syukuran dan persemian dimulai layanan fasilitas kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang diadakan di gedung UMC jalan Umban Sari, Selasa 21 November 2023.

Peresmian dan syukuran Milad UMC di hadiri oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi, Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof Dr Irwan Effendi, Lurah Umban Sari Asparida, Kepala BPJS Kesehatan Pekanbaru dr Hari Wibawa, dan sejumlah mitra seperti BTN, BRK, BRI, dan Direktur RS Lancang Kuning  dr Pradipta Suarsyaf,

Prof Dr Junaidi dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan, ini berkah untuk Kelurahan Umban Sari dan masyarakat Rumbai, silakan sebarkan ke masyarakat luas bahwa UMC telah menerima peserta BJPS Kesehatan. 

"Saat milad ke 2 ini, kami memberikan layanan cek kesehatan gratis seperti kolesterol, asam urat gula darah, dan USG gratis. Klinik ini sudah dua tahun berdiri, pelan pelan semangat melayani masyarakat dapat terus meningkat. Dalam proses pendirian UMC juga mendapatkan bantuan dan pendampingan dri klinik doktor Bastian. Kami juga mendorong pelan pelan faskes civitas akademika Unilak juga akan mendapatkan layanan di UMC, bagi masyarakat Rumbai peserta BPJS Kesehatan dapat layanan di UMC. " ujar Prof Junaidi.

Ditempak yang sama Prof Irwan Effendi Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji yang menaungi Unilak memberikan apresiasi UMC telah resmi menerima layanan faskes BPJS Kesehatan. Terima kasih kepada mitra yang mendukung, Yayasan sangat mendukung peningkatan layanan kesehatan, dan hari ini masyarakat yang memiliki BPJS Kesehatan dapat memanfaatkanya di UMC.

"Kami (Yayasan) juga mendukung pembangunan Rumah Sakit Lancang Kuning yang insyaallah akan berada di komplek kampus Unilak, hari ini juga di UMC telah berdiri dan diresmikan apotek. Ini luar biasa semangat mendirikan klinik akhirnya sudah dua tahun berdiri, dalam analisis kami mulai dari Jembatan Sungai Siak sampai ke Lancang Kuning belum ada rumah sakit, mudah mudahan prosesnya cepat dan dan kita doakan niat untuk mendirikan RS dapat lancar dan terwujud, jika telah berdiri tentu ini untuk memberikan pelayanan masyarakat luas." ujar Prof Irwan Effendi.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Pekanbaru dr Hari Wibawa mengucapkan selamat kepada UMC yang telah melayani kepesertaan BPJS Kesehatan. Ini adalah komitmen dari stake holder dalam upaya dan berjuang dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan dan memperluas aksesbilitas untuk masyarakat.

"Kami sebagai Badan Penyelenggara kesehatan yang diamanatkan UU, menyambut baik, saya ingat pada Mei 2023 bertemu pak Rektor dan melakukan MoU dengan BPJS Kesehatan, dan sebagai tindak lanjut surat edaran Dikti bagaimana mengoptimalkan perguruan tinggi untuk aktif dalam pelayanan kesehatan, apa yang dilakukan Unilak adalah komitmen universitas untuk tidak hanya memberikan layanan kepada mahasiswa, civitas akademika, tapi juga kepada masyarakat, 

dr Hari Wibawa berharap UMC dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat luas. Perlu disampaikan bahwa cakupan kepesertaan JKN di Pekanbaru ada 1 juta 30 ribu orang yang tedaftar, dan ini tersebar ke 179 faskes tingkat pertama. Mari bersama-sama berkompetisi meningkatkan layanan ke masyarakat, jika layanan baik maka informasi dari mulut ke mulut akan tersampaikan dan berdampak ke pelayanan di UMC. Sebut dr Hari Wibawa.

Disebuktan dr Hari Wibawa dalam memberikan dukungan ke UMC dan masyarakat Rumbai, minggu depan layanan BPJS Kesehatan keliling akan hadir di kawan Unilak. 

Dukungan kepada UMC juga disampailan oleh Lurah Umban Sari Asparida, menurunya kehadiran layanan BPJS Kesehataan di UMC dapat memberikan manfaat luat dan besar bagi warganya. Ini kelurahan Umban Sari ini ada sekitar lebih dari 5000 kepala keluarha dengan jumlah 54 RT. Jika setangahnya saja mendapatkan layanan dan berobat ke UMC tentu ini sudah luar biasa. 

"Kami siap mempromosikan UMC kepada masyarakat Rumbai, bahwa di Umban Sari telah beridri layanan Fasilitas Kesehatan di UMC, jadi masyarakat di sekitar Umban Sari tidak perlu lagi jauh jauh untuk berobat karena masyarakat pemegang kartu BPJS Kesehatan bisa berobat di UMC.

Sebagai informasi, layanan kesehatan UMC berlangsung setiap hari dari jam 8 pagi hingga 10 malam, untuk dokter umum  layanan diberikan oleh dr Dede Yola Maulya dan dr Syahira dari jam 8-21. Sementara layanan dokter gigi oleh dr Nora Indriasari M Kes dari jam 16-21.00.

Pada pelaksanaan milad UMC yang ke dua juga diadakan layanan berobat gratis, seperti pemeriksaan gula darah, tensi, kolestoral dan USG bagi ibu hamil. Turut hadir Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzami M Kom, Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH , dekan, dosen kepala biro se lingkungan Unilak.

Berita Lainnya

Index