Pertama di Riau, BUMN Goes To Campus Hadir di Universitas Lancang Kuning

Pertama di Riau, BUMN Goes To Campus Hadir di Universitas Lancang Kuning

BEDELAU.COM --Ratusan mahasiswa Univesitas Lancang Kuning Riau menghadiri dan menyambut dengan antusias BUMN Goes to Campus, kegiatan di pusatkan di gedung Pustaka Unilak, Rabu 6 Desembet 2023. 

Untuk di Riau BUMN Goes to Campus pertama kalinya diadakan di Riau dan Unilak menjadi kampus pertama tempat penyelenggaraan. Dibuka oleh Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzami M Kom, tampak hadir pimpinan BRI Pekanbaru I Wayan Maestra.

BUMN Goes to campus diikuti lebih dari 30 perusahaan BUMN yang ada di Riau. Sepeti Pegadaian, Pertamina Hulu Rokan, Telkom, BRI, BTN, BSI, Surveyor Indonesia, BSI, Bank Mandiri, Hutama Karya, Askrindo dll.

Program BUMN hadir di kampus salah satu tujuannya untuk menyampaikan program kementerian BUMN dan perusahaan BUMN kepada masyarakat khususnya mahasiswa, kemudian juga menyampaikan  program peningkatan kompetensi mahasiswa serta rekruitmen pegawai dilingkungan BUMN.

Wakil Rektor I Dr Zamzami M.Kom dalam sambutanya mengucapkan terimas kasih atas hadirnya Rumah BUMN di Unilak. Kami senang puluhan BUMN hadir di Lancang Kuning. Ini juga merupakan bagian koloborasi perguruan tinggi dengan BUMN.

Sejak Unilak berdiri tahun 1982, saat ini kami telah memiliki 32 Prodi S1 dan S2, periode pertama Prof Junaidi selaku Rektor Unilak telah berdiri 11 Prodi baru, dan kami juga mohon doa dan dukunganya agar Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit di Unilak dapat berdiri, ujar Dr Zamzami.

Dikatakan Dr Zamzami, dalam pelaksaan proses perkuliahan, Unilak telah menetapkan adanya mata kuliah kewirausahaan, ini dilakukan dalam rangka menyiapkan mahasiswa menjadi pengusaha suskes, dan mampu membuka lapangan kerja secara mandiri. Dan ini sejaland dengan program pemerintah dan kementerian. Beberapa kegiatan kewirausahaan di Unilak juga menggandeng beberapa BUMN.  Seperti saat kemarin di peringatan hari disabilitas internasional juga melibatkan perusahaan di lingkup BUMN. Kami siap untuk berkolaborasi dengan BUMN dan dunia industri. Ujar Dr Zamzami.

Sementara itu perwakilan pimpinan Forum BUMN yang diwakili oleh Tengku Rinaldi yang menjabat Manager BSI Pekanbaru mengatakan, kami dari forum BUMN yang ada di Riau mengadakan acara BUMN goes to Campus, ini menjadi salah satu kegiatan perdana kami, sebagai wujud kepedulian kami terhadap masyarakat khususnya adik-adik mahasiswa. Forum BUMN di Riau ini terdiri dari 33 perusahaan BUMN, ada perusahaan yang bergerak pada sektor ekonomi, telekomunikasi, pertambangan, logistik, infrastruktur, keuangan, perbankan, perkebunan, hospitality, transportasi dll.

"Hadirnya BUMN Goes to Campus diharapkan mampu meningkatkan kompetensi-kompetensi adik-adik mahasiswa, mereka harus disiapkan jika ingin menjadi insan-insan BUMN, BUMN akan memanggil orang-orang yang memiliki talenta talenta yang terbaik. setiap tahun ada lebih dari 300 kebutuhan tenaga kerja di Pekanbaru, dan ini diharapkan diisi oleh orang Pekanbaru.

Pada pelaksaan BUMN Goes To Campus selain diisi dengan diskusi dan tanya jawab oleh mahasiswa, berbagai produk pameran BUMN, dan UMKM ditampilkan seperti Pegadaian yang melakukan penguatan literasi keuangan dan produk yang dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa, kemudian juga tentang agen pegadaian.

Berita Lainnya

Index