Dosen FH Unilak Laksanakan PKM tentang Pendaftaran Merek Penting Bagi UMKM

Dosen FH Unilak Laksanakan PKM tentang Pendaftaran Merek Penting Bagi UMKM

RIAUREVIEW.COM --Merek sebagai sebuah logo, simbol atau penamaan dari sebuah bisnis atau usaha sangat penting untuk didaftarkan secara resmi, agar si pengusaha atau si pebisnis ini punya dasar hukum ketika brand usahanya dipakai atau disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk memberikan pemahaman pendaftaran merek sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan bidang pendaftaran merek, maka  Dosen Fakultas Hukum Universitas Lancang Yetti, S.H., M.Hum., Ph,.D. dan Miftahul Haq, S.H., M.Kn. telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bersumber dari pendanaan APBU (Anggaran Pendapatan dan Belanja Universitas) Lancang Kuning, pada hari Minggu tanggal 19 November 2023.

Pelaksanaan PKM ini bertempat di pabrik makanan beku Frozen food Perseroan Komanditer CV Bintang Kirana Mandiri selaku owner Bunda Frozen dan Bee Frozen beralamat di Jalan Dahlia, Gang Muttaqin, Sukajadi, Kota Pekanbaru.

Miftahul Haq mengatakan  “tema yang diberikan terkait pentingnya pendaftaran merek dagang bagi pelaku usaha usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) makanan beku Frozen food di Kota Pekanbaru berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan indikasi Geografis”.

“Dipilihnya mitra pengabdian Perseroan Komanditer CV Bintang Kirana Mandiri selaku owner Bunda Frozen dan Bee Frozen dikarenakan ketidakpahaman dan ketidaktahuan akan pentingnya suatu merek itu didaftarkan agar mendapatkan perlindungan hukum” ungkap Miftahul Haq.

Katanya lagi “kegiatan dimulai pukul 15.30 Wib sampai dengan pukul 16.30 Wib diikuti 31 orang terdiri dari pemilik usaha (owner) dan pekerja/karyawan”.

“Dari pelaksanaan kegiatan ini dapat diambil kesimpulan bahwa pemahaman khayalak sasaran mitra Perseroan Komanditer CV Bintang Kirana Mandiri selaku owner Bunda Frozen dan Bee Frozen terjadi peningkatan akan pentingnya pendaftaran merek dagang untuk melindungi merek usaha yang dimiliki dan menyebabkan reputasi usaha meningkat dari adanya pendaftaran tersebut” pungkas Miftahul Haq (Rls).

Berita Lainnya

Index