Penuh Penderitaan Anak Sebatang Kara di Rumah Sakit Gaza

Penuh Penderitaan Anak Sebatang Kara di Rumah Sakit Gaza
Warga Palestina yang terluka akibat pemboman Israel di Jalur Gaza tiba d RS t di Khan Younis pada Jumat (8/12/2023). Foto: AP Photo/Mohammed Dahman

RIAUREVIEW.COM --Ketika Razan Shabet yang berusia sembilan tahun dibawa ke Rumah Sakit Martir Al-Aqsa satu bulan lalu, dia tidak sadarkan diri karena cedera kepala yang parah, pendarahan otak, serta patah kaki dan lengan. Selama empat hari pertama, dia terdaftar sebagai “101 Tidak Diketahui”.

Tak seorang pun tahu siapa dia. Saat ini, para dokter dan perawat di rumah sakit, tempat dia tinggal di tenda di kompleks tersebut, setelah keluar dari perawatan medis darurat, masih tidak tega memberi tahu dia bahwa kedua orang tuanya telah meninggal. Dalam beberapa pekan sejak dia pertama kali tiba di rumah sakit, petugas medis berhasil mengetahui bahwa dia dan keluarganya telah terperangkap dalam serangan udara Israel di kamp pengungsi Nuseirat, tempat mereka melarikan diri dari rumah mereka di Tuffah, Gaza utara.

Razan adalah satu-satunya yang selamat. Sejak dia bangun pada hari kelima, dia menanyakan orang tuanya. “Pertanyaan tersulit yang kami terima adalah dari seorang anak yang menanyakan keberadaan ayah atau ibunya, dan mereka sudah terbunuh,” kata Dr Ibrahim Mattar, dokter darurat di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa, dilansir dari Aljazeera, 

“Saat dia bertanya, saya hanya diam dan memberi tahu anak itu bahwa dia seharusnya baik-baik saja. Dia cerdas, luar biasa, dan sangat imut. Dia tidak tahu keluarganya terbunuh, dia yakin mereka semua baik-baik saja. Dan kami benar-benar tidak bisa mengatakan yang sebenarnya karena kami ingin pengobatannya berjalan dengan baik,” tambah Mattar.

Lebih dari 8.200 anak-anak telah terbunuh oleh serangan udara Israel dan pasukan penyerang sejak perang dimulai pada tanggal 7 Oktober. Lebih banyak lagi anak-anak yang terluka dan sebagian besar mengalami trauma yang mendalam.

Beberapa dari mereka telah kehilangan kedua orang tuanya. Tapi, dalam beberapa kasus, seluruh kerabat mereka telah terbunuh. Para profesional medis yang ditinggalkan untuk merawat mereka setelah kejadian tersebut tidak tahu apa yang harus dilakukan terhadap mereka, bahwa tidak ada tempat bagi mereka untuk pergi.

Sangat Menderita

Semakin banyak orang yang dibawa ke rumah sakit setelah serangan udara dan penyerangan adalah anak-anak, kata Mattar, dan semakin sulit untuk merawat mereka. “Razan menangis di tengah malam sementara semua pasien lainnya tertidur,” katanya. “Dia tidak bisa tidur atau istirahat tanpa analgesik, jadi kami harus memberinya dosis tambahan. Saya terus membaca ceritanya sepanjang malam untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa sakitnya.”

Pemberian obat pereda nyeri dosis tinggi telah menjadi satu-satunya pilihan untuk menenangkan anak-anak yang ketakutan dan kesepian karena kesakitan. Namun hal ini jauh dari ideal.

Dalam banyak kasus, tidak tersedia obat yang cocok untuk anak-anak. Sehingga mereka diberikan dosis dewasa daripada tidak sama sekali. Mattar khawatir tentang dampak kesehatan di masa depan dari hal ini, katanya.

Sejak perang di Gaza dimulai, ratusan ribu warga berlindung di sekolah-sekolah dan rumah sakit dengan harapan mereka akan lebih aman di sana daripada di rumah mereka, atau hanya karena rumah mereka telah hancur dan mereka tidak punya tempat lain untuk pergi.

Dengan semakin banyaknya anak-anak yang terluka datang setiap hari, rumah sakit secara de facto telah menjadi rumah bagi mereka yang tidak memiliki orang tua atau keluarga bersama mereka.

 

 

 

SUMBER: REPUBLIKA.ID

Berita Lainnya

Index