Ditreskrimsus Polda Riau Awasi Operasional Warnet Cegah Kejahatan Cyber

Ditreskrimsus Polda Riau Awasi Operasional Warnet Cegah Kejahatan Cyber
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Subdit V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau melakukan langkah preventif dalam mencegah potensi kejahatan cyber. Salah satunya, mengawasi operasional warung internet (warnet) di Pekanbaru.

Kegiatan dipimpin Panit II Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Riau Ipda Asdoni bersama Briptu M Gusri Ardi di Warnet Hangout Jalan Delima Panam, Pekanbaru, Jumat (02/02/2024) malam.

"Kegiatan ini bertujuan mencegah terjadinya kejahatan cyber di warnet, khususnya menjelang pemilu," ujar Asdoni, Sabtu (03/02/2024).

Tidak hanya mengawasi operasional, petugas juga melakukan pembinaan kepada petugas warnet agar lebih selektif menerima pengunjung dan mengawasi aktivitas mereka.

Kepada pengunjung warnet, Asdoni mengingatkan untuk mencegah terjadi penyalahgunaan seperti akses materi porno, judi, dan lain-lain.

Asdoni menyampaikan beberapa pesan kepada pengelola warnet, di antaranya memiliki izin usaha yang sah, dan mendata pengunjung yang bermain.

"Awasi aktivitas pengunjung warnet dan laporkan kepada pihak berwajib jika ditemukan aktivitas mencurigakan. Sediakan perangkat lunak filter konten untuk mencegah akses ke situs-situs terlarang," pesannya.

Asdoni menegaskan, Ditreskrimsus Polda Riau berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap warnet di seluruh wilayah Riau.

"Hal ini dilakukan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024," tutur dia.

Kegiatan ini disambut baik oleh pengelola warnet. Mereka menyatakan siap untuk bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam mencegah terjadinya kejahatan cyber di warnet.

Dengan kerja sama yang baik antara Polri, pengelola warnet, dan masyarakat, diharapkan potensi kejahatan cyber dapat diminimalisir dan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman.**

 

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index