Teror di Moskow, 5 Pria Lepas Tembakan ke Ribuan Penonton Konser, 40 Tewas, 100 Terluka

Teror di Moskow, 5 Pria Lepas Tembakan ke Ribuan Penonton Konser, 40 Tewas, 100 Terluka
Prajurit Rosguardia (Garda Nasional) Rusia mengamankan lokasi penembakan dekat Balai Kota Crocus di tepi barat Moskow, Rusia, Jumat, 22 Maret 2024. (AP Photo/Vitaly Smolnikov via Republika.co.id)

RIAUREVIEW.COM --Teror terjadi di pinggiran barat Moskow, Rusia, Jumat (23/3/2024) malam. Lima pria melepaskan tembakan dengan senjata otomatis ke arah ribuan penonton konser di Balai Kota Crocus.

Dikutip dari Republika.co.id yang melansir Reuters, sedikitnya 40 orang tewas dan lebih 100 terluka akibat aksi teror lima pria bersenjata dengan pakaian kamuflase tersebut.

Kejadian ini merupakan salah satu serangan terburuk di Rusia dalam beberapa tahun terakhir. Dalam video yang belum terverifikasi, terlihat setidaknya lima pria bersenjata berulang kali menembaki warga sipil yang berteriak-teriak dan meringkuk di ruang konser saat grup rock era Soviet "Picnic" hendak tampil.

Gedung konser berkapasitas 6.200 kursi di pinggiran barat Moskow, dekat pusat perbelanjaan yang juga disebut Crocus City. Tiket terjual habis untuk pertunjukan tersebut. Rekaman video lainnya menunjukkan lima pria menembak orang-orang di bawah tanda masuk ke Balai Kota Crocus. 

Banyak orang tergeletak tak bergerak dalam genangan darah di luar aula juga terlihat.

"Tiba-tiba ada ledakan di belakang kami - tembakan. Ada ledakan - saya tidak tahu apa," kata seorang saksi mata, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, kepada Reuters.

“Kerumunan terinjak-injak. Semua orang berlari ke eskalator,” kata saksi tersebut. “Semua orang berteriak; semua orang berlarian."

Api membubung ke langit, dan gumpalan asap hitam membubung di atas tempat tersebut ketika ratusan lampu biru dari kendaraan darurat menyala di malam hari, menurut gambar dan video Reuters.

Helikopter berusaha memadamkan api dan mengevakuasi sekitar 100 orang dari ruang bawah tanah, media Rusia melaporkan. Atap tempat tersebut runtuh, kata kantor berita negara RIA.

Media Rusia melaporkan ledakan kedua di lokasi tersebut, dan ada laporan bahwa beberapa pria bersenjata telah membuat barikade di dalam gedung tersebut. Belum jelas siapa penyerangnya. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab. Kementerian luar negeri Rusia mengatakan ini adalah “serangan teroris berdarah”.

Dua pekan lalu, Kedutaan Besar Amerika di Rusia memperingatkan bahwa “ekstremis” mempunyai rencana untuk melakukan serangan di Moskow. Kedutaan mengeluarkan peringatannya beberapa jam setelah badan keamanan Rusia FSB mengatakan pihaknya telah menggagalkan serangan terhadap sebuah sinagoga di Moskow yang dilakukan oleh sel kelompok militan ISIS. Belum ada konfirmasi apakah ancaman terhadap sinagoga itu yang dimaksud Kedubes AS.

Presiden Vladimir Putin, yang pada Ahad terpilih kembali untuk masa jabatan enam tahun yang baru, mengirim ribuan tentara ke Ukraina pada tahun 2022 dan telah berulang kali memperingatkan bahwa berbagai kekuatan – termasuk negara-negara di Barat – berusaha menabur kekacauan di Rusia. 

“Vladimir Putin diberitahu tentang permulaan penembakan pada menit-menit pertama kejadian di Balai Kota Crocus,” kata Kremlin.

“Presiden terus-menerus menerima informasi tentang apa yang terjadi dan mengenai tindakan yang diambil melalui semua layanan terkait. Kepala negara memberikan semua instruksi yang diperlukan,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova meminta komunitas internasional untuk mengutuk insiden tersebut, dan menyebutnya sebagai “kejahatan yang mengerikan”.

Ajudan presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan Ukraina tidak terlibat dalam penembakan itu di saluran Telegramnya.

“Mengenai peristiwa di Kota Crocus di pinggiran Rusia, di mana peristiwa tertentu terjadi hari ini, beberapa penembakan, beberapa tindakan teroris yang dilakukan oleh orang tak dikenal, mari kita perjelas, Ukraina sama sekali tidak ada hubungannya dengan peristiwa ini,” katanya.

“Saat ini tidak ada indikasi bahwa Ukraina atau warga Ukraina terlibat dalam penembakan itu,” juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby juga mengatakan kepada wartawan.

“Saya tidak akan menyalahgunakan Anda pada saat-saat awal ini jika ada hubungan apapun dengan Ukraina."

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menulis di aplikasi Telegram bahwa jika mereka yang bertanggung jawab atas serangan itu ternyata adalah orang Ukraina, “mereka semua harus ditemukan dan dimusnahkan dengan kejam sebagai teroris”.

Zakharova menanggapi komentar Gedung Putih tentang tidak terlibatnya Ukraina dengan bertanya, “Atas dasar apa para pejabat di Washington menarik kesimpulan di tengah tragedi tentang tidak bersalahnya seseorang?”

Dia mengatakan bahwa jika Washington memiliki informasi, maka informasi tersebut harus dibagikan dan jika Washington tidak memiliki informasi, maka mereka tidak boleh berbicara sedemikian rupa.***

 

 

 

Sumber: Republika.co.id

Berita Lainnya

Index