Kontestasi Pilkada Pekanbaru, Ini Nama Tunggal yang Diusulkan PDIP ke DPP

Kontestasi Pilkada Pekanbaru, Ini Nama Tunggal yang Diusulkan PDIP ke DPP
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Pekanbaru telah mengusulkan satu nama untuk maju sebagai bakal calon Walikota Pekanbaru, Sabtu (8/6/2024).

Sosok yang diusulkan adalah Kharisman Risanda, seorang kader partai yang dikenal dengan panggilan akrab KR. Rekomendasi ini telah disampaikan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Ketua Panitia Penjaringan Walikota Pekanbaru DPC PDIP Pekanbaru Irwansyah menyatakan, dari 33 calon yang mendaftar, pilihan akhirnya mengerucut pada satu nama, yakni Kharisman Risanda.

"Kita telah mengikuti mekanisme penjaringan calon kepala daerah sesuai dengan AD/ART partai. Dari 33 orang yang mendaftar, tadi malam kami memutuskan untuk mengusulkan satu nama ke DPP. Tahapan selanjutnya adalah menunggu keputusan partai untuk surat keputusan (SK) mandatnya, yang mungkin akan keluar dalam bulan ini," cakap Irwansyah.

Irwansyah juga menjelaskan, berdasarkan hasil perolehan kursi pada Pileg 2024, PDIP Kota Pekanbaru berhasil meraih tujuh kursi. Namun, sesuai syarat Komisi Pemilihan Umum (KPU), minimal diperlukan 10 kursi untuk dapat mencalonkan diri.

"Kami memiliki tujuh kursi hasil pemilu 2024. Syarat minimal 10 kursi untuk bisa berlayar, jadi ini pekerjaan rumah (PR) kita ke depan. Kita butuh tiga kursi lagi dan sudah mulai mendekati partai politik lain," tambah Irwansyah.

Ketua DPC PDIP Pekanbaru Robin P Hutagalung menegaskan, PDIP siap memperjuangkan dan memprioritaskan Kharisman Risanda untuk memenangkan Pilwako tahun ini. PDIP juga telah melakukan komunikasi intens dengan partai-partai lain, termasuk PAN, PKS, dan Golkar.

"Kami sudah menjalin komunikasi dengan partai lainnya. Ade Hartati Rahmat dari PAN, Dr Ikhsan dari PKS, dan Ida Yulita Susanti dari Golkar berkemungkinan besar untuk bersanding dengan Kharisman Risanda," jelas Robin.

Kharisman Risanda, dalam pernyataannya, menegaskan komitmennya untuk bekerja lebih keras dan turun langsung ke masyarakat, sesuai dengan instruksi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Ini adalah tanggung jawab dan tantangan besar. Sebagai kader, kita harus lebih giat lagi bekerja ke bawah. Dengan dukungan dari PDIP, tanggung jawab besar ini adalah untuk menjangkau wong cilik sesuai perintah Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Kharisman.

KR juga menekankan, program yang ditawarkannya berfokus pada kesejahteraan masyarakat, dengan memanfaatkan latar belakangnya dari dunia usaha untuk mendongkrak perekonomian lokal.

"Program kami akan berfokus pada kesejahteraan ekonomi masyarakat. Sebagai pengusaha, saya memahami bagaimana meningkatkan potensi ekonomi lokal. Konsep kami adalah membuat masyarakat sejahtera ekonominya sehingga masalah-masalah lain seperti pendidikan dan kesehatan bisa terselesaikan," jelas Kharisman.

Dalam deklarasi tersebut, hadir pula kader DPC PDI Perjuangan Pekanbaru dan anggota DPRD Pekanbaru dari Fraksi PDIP yang menyatakan dukungan penuh untuk memenangkan Kharisman Risanda dalam Pilwako mendatang.**

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index