Dolar AS Tembus Rp15 Ribu

Dolar AS Tembus Rp15 Ribu
Ilustrasi

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Nilai tukar rupiah pada perdagangan siang ini menembus level psikologis Rp15 ribu per dolar AS. Posisi tersebut melemah 89 poin dibandingkan penutupan kemarin yang berada di level Rp14,910 per dolar AS. 

Hingga pukul 11.30 WIB, rupiah diperdagangkan di level Rp15.001 per dolar AS. Dengan posisi tersebut, sepanjang tahun ini, rupiah tercatat telah melemah di atas 10 persen. 

Posisi rupiah ini merupakan yang terlemah dalam beberapa tahun terakhir. Pelemahan rupiah terjadi sejalan dengan penguatan dolar AS terhadap hampir semua mata uang lainnya.

Dikutip dari Reuters dan CNNIndonesia, Euro melemah 0,27 persen, dolar Australia melemah 0,01 persen, dan dolar Kanada minus 0,94 persen.

Kendati rupiah melemah cukup dalam pada hari ini, Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada menilai rupiah masih berpotensi berbalik arah dan kemudian menguat di akhir perdagangan pasar spot hari ini karena terbawa penguatan dolar Kanada. 

Sementara dolar Kanada berhasil menguat karena sentimen positif dari hampir tercapainya kesepakatan antara AS dengan Kanada untuk mengubah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (North American Free Trade Agreement/NAFTA).

Dikutip dari Reuters, kedua negara hampir menyelesaikan kesepakatan mereka untuk mengubah NAFTA, setelah Meksiko lebih dulu menyetujui langkah ini bersama AS. Bila kesepakatan ini benar-benar terjadi, nantinya akan ada perjanjian perdagangan baru bagi ketiga negara.

"Rupiah diharapkan dapat memanfaatkan penguatan dolar Kanada terhadap dolar AS setelah terjadinya kesepakatan antara Kanada dan AS, sehingga kesepakatan NAFTA pun dapat terjaga," katanya, Selasa (2/10)

Kanada akhirnya memberi sinyal mau mengubah NAFTA dengan AS agar akses pasar produk susunya tidak terjegal kebijakan tarif tinggi bea masuk impor dari AS. Selain itu, juga demi melindungi Ottawa dari kemungkinan pengenaan bea masuk impor mobil AS.

Berita Lainnya

Index