Studi: Pilihan Minum Teh atau Kopi Ditentukan Faktor Genetik

Studi: Pilihan Minum Teh atau Kopi Ditentukan Faktor Genetik
Ilustrasi

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Apa yang lebih Anda suka? Kopi atau teh? Jika Anda masih bingung, mungkin faktor genetik bisa menjawabnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik berperan untuk menentukan kecenderungan preferensi rasa pahit seseorang sekaligus menentukan kebiasaan minum seseorang. Penelitian ini dipublikasikan dalam Scientific Report di jurnal Nature pada Kamis (15/11).

Teh dan kopi mengandung komponen pahit yang berkontribusi terhadap rasa senang. Kedua minuman mengandung kafein dengan rasa pahit, sementara kopi mengandung molekul pahit lain yang disebut quinine, yang juga ditemukan dalam air tonik.

Dilansir jurnal Nature dan CNNIndonesia, untuk mengetahui apakah variasi ini memengaruhi preferensi memilih teh atau kopi, Daniel Hwang dari University of Queensland, Australia, bersama rekan-rekan mempelajari hubungan antara gen reseptor rasa serta kebiasaan konsumsi teh dan kopi. Sebanyak 430 ribu pria dan wanita berusia 37-73 tahun menjadi subjek dalam penelitian ini.

Hasilnya, seseorang dengan gen yang memiliki kepekaan tinggi terhadap rasa pahit, lebih cenderung menjadi peminum teh. Sebaliknya, seseorang dengan gen yang kurang peka terhadap rasa pahit, cenderung menjadi peminum kopi.

"Secara keseluruhan, temuan kami menunjukkan bahwa perbedaan dalam persepsi rasa pahit terkait dengan perilaku konsumsi minuman pahit yang spesifik," tulis para peneliti.

Secara teknis, para peserta dengan kepekaan tinggi terhadap rasa pahit, 20 persen lebih mungkin menjadi peminum berat kopi. Seharusnya, mereka meminum lebih dari empat cangkir kopi per hari. Namun, faktanya kelompok yang satu ini cenderung terbiasa menikmati secangkir teh.

"Ini mungkin karena orang yang lebih baik mendeteksi pahitnya kafein lebih rentan kecanduan efek stimulannya. Dan, kopi memang mengandung lebih banyak kafein daripada teh," ujar Hwang, mengutip New Scientist.

Tak cuma itu, tim juga menemukan bahwa kepekaan yang tinggi terhadap kepahitan terkait dengan kebiasaan mengonsumsi alkohol. Orang yang memiliki kepekaan tinggi terhadap rasa pahit kecil kemungkinan untuk menjadi peminum berat alkohol.

Kendati demikian, para peneliti tetap merasa perlu ada penyelidikan lebih lanjut terkait hal tersebut. 

Sebelumnya, sebuah penelitian di Australia pada tahun 2005 juga menemukan hal yang hampir serupa. Mengutip ABC News, penelitian itu menyebutkan bahwa 42 persen preferensi pilihan teh atau kopi terkait dengan faktor genetik.

Berita Lainnya

Index