Hujan Longsorkan Tanah di Lereng Argopuro, Timbun 4 Rumah Warga

Hujan Longsorkan Tanah di Lereng Argopuro, Timbun 4 Rumah Warga
Ilustrasi

JEMBER, RIAUREVIEW.COM -Hujan intensitas sedang yang mengguyur wilayah lereng Pegunungan Argopuro, Jember, menyebabkan bencana tanah longsor di dua lokasi. Yakni di sekitar Pabrik Teh Gunung Gambir, Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru dan Dusun Curahdami, Desa/Kecamatan Sukorambi.

Belum ada laporan korban jiwa dari peristiwa itu. Namun bencana tersebut merusak sejumlah rumah.

"Untuk bencana tanah longsor di kawasan pabrik Teh Gunung Gambir, terjadi kemarin sekitar pukul 3 sore. Mengakibatkan 4 rumah milik karyawan PTPN Gunung Gambir atas nama Supar, Murahman, Bowo, dan Rofii tertimbun tanah," ujar Kapolsek Sumberbaru Subagiyo yang dilansir detikcom, Minggu (16/12/2018).

Untuk tim reaksi cepat (TRC) BPBD Jember dan personel dari polsek setempat telah berada di lokasi bencana.

"Untuk korban jiwa nihil, dan sementara korban atau pemilik rumah, dievakuasi di rumah saudaranya," kata Subagiyo.

Sedangkan sebagai langkah antisipasi terjadinya bencana susulan, masyarakat yang ada di pinggiran Sumberrejo diungsikan ke tempat aman. "Takut terjadi banjir bandang," sambungnya.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo menyampaikan, saat ini TRC sudah berada di dua lokasi bencana tanah longsor itu.

"Ada dua tim yang berangkat, 8 personel ke Gunung Gambir, 3 personel ke Curahdami. Waktu terjadinya bencana tanah longsor ini hampir bersamaan. Nantinya tim akan melakukan proses assesmen," kata Heru.

Berita Lainnya

Index