BMKG: Ada Ombak Tinggi dan Hujan Lebat, Hati-hati yang Berlibur ke Pantai!

BMKG: Ada Ombak Tinggi dan Hujan Lebat, Hati-hati yang Berlibur ke Pantai!
Ilustrasi

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut ada potensi ombak setinggi 2,5 meter di selatan Pulau Jawa. BMKG mengimbau masyarakat yang berlibur ke pantai berhati-hati.

"Masyarakat di sepanjang pesisir selatan Jawa yang sedang berlibur, jangan terlalu ke tengah, karena ketinggian gelombang bisa mencapai 1,5 sampai 2,5 meter yang mana bisa menyebabkan bahaya. Tetap tidak apa-apa melakukan aktivitas di pesisir selatan Jawa, tetapi tetap berhati-hati, karena kan banyak yang menggunakan perahu sampai ke tengah. Nah, ini dihindari dulu karena gelombang cukup tinggi, bisa sampai 2,5 meter," kata Kepala Subbidang Prediksi Cuaca BMKG Agie Wandala Putra yang dilansir detikcom, di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).

Selain di Pulau Jawa, BMKG menyebut adanya potensi cuaca ekstrem di sekitar Maluku Tenggara dan Nusa Tenggara Timur. BMKG memperkirakan hujan lebat hingga angin kencang selama Natal 2018 hingga tahun baru 2019.

"Untuk tahun baru, diperkirakan nanti di pesisir selatan Jawa akan lebih baik, curah hujan akan berkurang tetapi berbeda dengan di pesisir utara Jawa ini, karena diperkirakan curah hujan lebat di periode tanggal 31 Desember hingga tanggal 2 Januari," ujar Agie.

Tak hanya yang berlibur ke pantai, warga yang memilih destinasi air terjun diminta berhati-hati. Terlebih di wilayah-wilayah yang memiliki curah hujan tinggi.

"Diperkirakan Jawa Tengah bagian utara, Jawa Timur, termasuk di wilayah Jakarta juga kan ada potensi hujan lebat. Sehingga masyarakat harus tetap waspada, terutama yang lagi berlibur nih. Misalnya berlibur di daerah-daerah wisata air terjun, kalau ada hujan di hilir ataupun terjadi hujan di daerah gunung, harap berhati-hati," papar Agie.

Berita Lainnya

Index