Peringatan Dini Gelombang Tinggi, Pantai Santolo Garut Sepi

Peringatan Dini Gelombang Tinggi, Pantai Santolo Garut Sepi
Ilustrasi

GARUT, RIAUREVIEW.COM -Adanya peringatan dini mengenai gelombang tinggi, kawasan Pantai Selatan Garut, Jawa Barat, sepi pengunjung. Para pemilik penginapan mengeluh omzetnya menurun.

Seperti dirasakan Bayu (23), seorang pemilik penginapan di kawasan Pantai Santolo. Bayu mengaku Pantai Santolo pada liburan ini sepi pengunjung.

"Sepi gara-gara isu katanya gelombang tinggi, padahal normal. Aman-aman saja," ujar Bayu yang dilansir detikcom, di Pantai Santolo, Kecamatan Cikelet, Kamis (27/12/2018).

Bayu menyebut peringatan dini gelombang pasang menjadi penyebab sepinya pengunjung. Padahal, sambung Bayu, tidak ada pengaruh tsunami di Selat Sunda terhadap gelombang di Pantai Santolo.

"Enggak ada sama sekali pengaruhnya. Ini bisa dilihat sendiri gelombangnya aman," katanya.

Sepinya pengunjung berdampak terhadap sepinya penginapan di sekitaran pantai. Bayu mengatakan biasanya di musim libur, ada 50 hingga 100 orang yang menginap.

"Sekarang mah paling ada 20 orangan. Sama aja kayak hari biasa," ujar Bayu.

Bayu berharap pemerintah memberikan pernyataan bahwa Pantai Santolo aman dikunjungi.

"Ini yang kena dampak ya kami ini masyarakat kecil. Penghasilan jadi sepi. Kami minta tolong diberantas penyebar isu Pantai Santolo tidak aman," pungkas Bayu.

Selasa lalu (25/12/2018), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait adanya potensi gelombang tinggi di seluruh perairan Indonesia. Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 4 meter.

Potensi itu disebut BMKG disebabkan adanya pola kecepatan angin di sejumlah wilayah. Imbasnya, gelombang tinggi diprediksi bakal mencapai area pantai sejumlah wilayah dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

Potensi gelombang tinggi itu disebut BMKG terjadi sejak 24 Desember 2018 hingga 27 Desember 2018 sekitar pukul 07.00 WIB. Tingginya gelombang yang mencapai daratan diperkirakan bervariasi mulai dari 1,25 meter hingga 4 meter.

Berita Lainnya

Index