8 Alat Deteksi Tsunami di Pantai Selatan Garut Rusak

8 Alat Deteksi Tsunami di Pantai Selatan Garut Rusak

GARUT, RIAUREVIEW.COM -Alat sistem peringatan dini tsunami di pantai selatan Garut rusak. Masyarakat berharap pemerintah memperbaikinya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada delapan unit alat sistem peringatan dini tsunami atau Early Warning System (EWS) yang terpasang di pantai selatan Garut.

"Ada delapan unit, dipasang dari mulai pantai di Kecamatan Caringin hingga Kecamatan Cikelet," ujar Kepala Pelaksana BPBD Garut Dadi Djakaria yang dilansir detikcom, di kantornya, Jumat (28/12/2018).

Delapan unit alat deteksi dini tsunami yang ada itu semuanya rusak dan tak bisa dioperasikan. Kerusakan alat itu telah terjadi sejak lama dan belum diperbaiki.

"Rusak sejak tahun 2015," katanya.

Beberapa kalangan masyarakat terutama yang bermukim di kawasan pantai selatan berharap agar pemerintah memperbaiki alat pendeteksi itu. Alat deteksi dini tsunami dianggap sangat penting. Pasalnya, masyarakat dapat tanggap dan sigap kalau sewaktu-waktu tsunami terdeteksi.

"Alat deteksi rusak, sampai sekarang enggak berfungsi. Bahkan alatnya enggak ada. Seharusnya dipasang lagi agar bisa pantau (tanda-tanda tsunami)," ujar Enur (49), salah satu nelayan di Pantai Santolo Garut.
 

Berita Lainnya

Index