Sudah Tak Meletus 3 Hari, Gunung Anak Krakatau Masih Siaga

Sudah Tak Meletus 3 Hari, Gunung Anak Krakatau Masih Siaga
Gunung Anak Krakatau.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Gunung Anak Krakatau sudah tidak lagi meletus sejak tiga hari lalu. Namun, status gunung belum diturunkan dari level 3 atau siaga. 

"Sejak tanggal 10 (Januari 2019), sampai tadi pagi pukul 06.00 WIB, tidak ada letusan," ucap peneliti gunung api Badan Geologi, Mamay Surmayadi yang dilansir detikcom, di Kawasan Industri Krakatau Steel Cilegon, Banten, Minggu (13/1/2019). 

Namun, keadaan itu tidak membuat status Gunung Anak Krakatau diturunkan dari level siaga. Hal ini karena masih ada gempa di kawasan Gunung Anak Krakatau. 

"Tetap siaga, karena berhenti Gunung Anak Krakatau masih dalam tahap fluktuatif. Mungkin besok masih meletus lagi karena kegempaan masih ada," ucap Mamay. 

Manay menyebut, perlu waktu agak lama untuk menurunkan status Gunung Anak Krakatau. Untuk itu, masyarakat jangan ada yang berada dalam radius 5 km dari puncak gunung. 

"Mudah-mudahkan lihat perkembangan silent (diam). Karena, periode fase erupsi Gunung Anak Krakatau itu panjang, satu bulan sampai dua tahun," ucap Mamay. 

Mamay pun bersyukur pada hari ini dia bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari dekat dengan helikopter. Di depan matanya, nampak kawah gunung dengan jelas. 

Dia merasa rombongannya lah yang pertama kali bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari dekat sejak erupsi 22 Desember 2018. 

"Alhamdulillah cuaca sehat, nampaknya kita orang pertama yang paling dekat terbang, hanya sekitar 100 meter dari kawah. Kemarin Ibu Dwikorita (Kepala BMKG) kesana tapi agak jauh," ucap Mamay.

Berita Lainnya

Index