Cara Sederhana Mengusir Bau Ketiak

Cara Sederhana Mengusir Bau Ketiak
Ilustrasi

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Usaha untuk tampil maksimal dengan dandanan atau busana terbaik bisa runtuh seketika akibat bau badan berlebih pada bagian ketiak. Meski bukan persoalan besar, tapi bau ketiak bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Bau ketiak dihasilkan oleh satu dari dua jenis kelenjar keringat yang menutupi tubuh. Kelenjar apokrin yang mengandung banyak folikel rambut berada di pangkal paha dan ketiak. Sedangkan kelenjar ekrin berada di sebagian besar permukaan kulit.

Mengutip Healthline, tubuh yang memanas mendorong kelenjar ekrin melepas keringat untuk mendinginkan tubuh. Keringat di ketiak bisa menimbulkan bau dan menyimpan bakteri yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara untuk mengatasi bau ketiak. Dilansir CNNIndonesia bahwa inilah cara-cara yang bisa lakukan.

1. Jaga kebersihan
Sepotong kalimat 'jaga kebersihan' memang terdengar klise. Namun, kalimat ini ampuh untuk menangkis bau tak sedap dari ketiak.

Anda disarankan untuk mandi secara teratur sebanyak dua kali dalam sehari. Usahakan tidak menggunakan air panas. Sebab, air panas hanya akan membuat tubuh semakin berkeringat. Jangan lupa juga gunakan handuk bersih dan kering sehabis mandi.

2. Batasi konsumsi makanan pedas
Ada jenis makanan tertentu yang tanpa sadar menimbulkan bau ketiak. Salah satunya adalah makanan dengan rasa pedas.

Makanan pedas disebut dapat memicu produksi keringat, apalagi jika ditambah dengan konsumsi bawang putih dan bawang bombay.

3. Perhatikan bahan pakaian
Pilihan busana pun turut menjadi salah satu faktor bau ketiak. Pilih busana dari serat alami seperti wol, sutera, atau kapas (katun) agar kulit bisa 'bernapas'. 

Dengan kain yang benar, keringat bisa berevaporasi dengan cepat dan tak membikin bakteri betah untuk tinggal di dalamnya. 

Selain itu, pastikan pula kenakan pakaian bersih setiap hari. 

4. Pangkas bulu ketiak
Tak ada salahnya mengurangi atau memangkas habis bulu ketiak. Studi pada 2016 menemukan, mencukur bulu ketiak secara signifikan mampu mengurangi bau. Pasalnya, membersihkan ketiak tanpa bulu dirasa lebih efektif.

5. Manfaatkan lemon
Ada cara alami yang bisa diterapkan untuk mengusir bau ketiak. Ambil setengah buah lemon dan gosokkan langsung ke ketiak. Kemudian, biarkan air lemon mengering lalu bilas dengan air bersih. 

Jika Anda memiliki kulit sensitif, campur perasan lemon dengan sedikit air dan balurkan pada ketiak. 

Dikutip dari Stylecraze, lemon mengandung asam tinggi dan bersifat antibakteri. Air lemon membantu menurunkan tingkat keasaman kulit ketiak dan membuatnya tak mampu jadi habitat bakteri penyebab bau. 

6. Deodoran atau antiperspirant
Sebelum bepergian, baiknya gunakan deodoran atau antiperspirant. Deodoran berfungsi untuk mencegah bau pada ketiak tanpa memblok keringat. Sedangkan antiperspirat membantu mengurangi volume keringat dengan memblok pori-pori kulit. 

Anda bisa menggunakan salah satu atau keduanya tergantung mana yang lebih menunjukkan hasil positif.

Berita Lainnya

Index