6 Jenis Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Kita Hindari

6 Jenis Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Kita Hindari

Mengutip NOVA.id – Mengombinasikan beberapa jenis makanan bersamaan adalah cara kita menikmati santapan yang tersedia. Padahal, ada beberapa jenis makanan yang bila kita santap bersama bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. Hal ini juga telah dibuktikan oleh para peneliti, bahwa kombinasi makanan tertentu bisa membuat kita kembung, begah, bahkan membuat kita mudah lelah.

Lebih parahnya lagi, kombinasi makanan yang tak tepat juga bisa memicu bau napas tak sedap, kulit kering, ruam, radang parah, gangguan tidur, tak berenergi, serta gangguan pencernaan parah. Kondisi ini disebabkan karena beberapa jenis makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, namun ada juga yang cepat. Itulah alasan mengapa kita harus cermat, kombinasi makanan seperti apa yang tepat untuk kita konsumsi.

Berikut 6 jenis kombinasi makanan yang sebaiknya kita hindari, seperti yang dilansir dari laman Boldsky:

Dua Makanan Tinggi Protein:

Potongan daging dengan telur atau daging ayam dengan daging lainnya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencernanya.  Sebaiknya, beri jeda sekitar 10 menit untuk menyantapnya supaya bisa dicerna dengan lancar.

Karbohidrat dan Protein:

Mengonsumsi karbohidrat dengan makanan yang mengandung protein akan membuat kita kembung. Kondisi ini disebabkan oleh kombinasi karbohidrat dan protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Sebaiknya, kombinasikan karbohidrat atau protein dengan sayuran.

Buah Setelah Makan:

Sebaiknya, jangan mengonsumsi buah dengan jenis makanan lainnya. Alasannya, buah mengandung suatu jenis gula yang sangat mudah dicerna dan tak bertahan lama di perut kita. Sedangkan makanan berat banyak mengandung lemak, protein, serta pati yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Makan Sambil Minum Air atau Jus:

Meminum air putih atau jus buah ketika makan adalah salah satu kombinasi santapan yang beracun. Kondisi ini disebabkan oleh air yang mengencerkan cairan dalam lambung dan mengurangi efektivitasnya dalam mencerna protein, karbohidrat, serta lemak. Jadi, sebaiknya minum air 1o menit setelah kita menyelesaikan makan kita.

Tomat dengan Saus Pasta Keju:

Tomat adalah buah yang mengandung asam dan sebaiknya tak digabungkan dengan makanan berbahan tepung karbohidrat seperti pasta.        Hindari kombinasi makanan ini untuk mencegah timbulnya masalah sistem perncernaan yang bisa membuat kita mudah lelah dan lemas.

Sereal dengan Susu dan Jus Jeruk:

Susu mengandung kasein dan jus jeruk mengandung asam, kombinasi keduanya akan membuat susu mengental dan menghancurkan enzim baik yang terkandung dalam sereal. Sebaiknya konsumsi jus buah satu jam sebelum mengonsumsi sereal.

 

Nah, hindari 5 kombinasi makanan di atas ya agar pencernaan kita bekerja optimal dan menghindari gangguan kesehatan lainnya.

Sumber: nova.id

 

Berita Lainnya

Index