Harga Neymar Anjlok, Turun Hingga Nyaris Rp 1,6 Triliun

Harga Neymar Anjlok, Turun Hingga Nyaris Rp 1,6 Triliun
Deretan masalah yang menimpa Neymar membuat harga jualnya anjlok. (Foto: Charles Platiau/Reuters)

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Deretan kasus melilit Neymar sejak awal 2019. Imbasnya, harga jualnya menyusut hampir 100 juta euro atau Rp 1,6 triliun.

Sejak awal 2019, cerita kontroversi tak lepas dari Neymar. Mulai dari cedera, keributannya dengan rekan setim di Paris Saint-Germain, hingga kini kasus pemerkosaan yang melilitnya jelang Copa America 2019.

Di PSG, Neymar dikabarkan sempat ribut dengan rekan setimnya usai kalah di Piala Prancis. Neymar juga ribut dengan fans, yang membuatnya disanksi larangan bertanding 3 laga.

Masalah kebugaran Neymar juga kian dipertanyakan. Terakhir, ia mengalami masalah di ligamen engkelnya yang memaksanya absen membela Timnas Brasil di Copa America 2019.

Dan masalah yang terbaru melilitnya adalah kasus dugaan pemerkosaannya. Pemain termahal di dunia itu sedang diinvestigasi terkait dugaan pemerkosaan pada wanita di Paris. Imbas dari kasus itu, perusahaan seperti Mastercard, Nike, dan Red Bull dilaporkan mengevaluasi kerja samanya sebagai sponsor.

Imbas dari rentetan masalah Neymar tak berhenti di situ. Seperti dilansir detiksport bahwa PSG khawatir harga pemain andalannya itu juga anjlok.

Berdasarkan laporan L'Equipe, Neymar, yang dibeli PSG dari Barcelona seharga 222 juta euro pada 2017, hanya bermain sebanyak 51,8 persen sejak pindah ke Paris.

Jumlah pertandingannya tak sebanyak Lionel Messi (87%) dan Cristiano Ronaldo (77%) dalam rentang waktu yang sama. Kontribusi Neymar tak sebanyak Messi dan Ronaldo akibat masalah-masalahnya.

CIES Football Observatory kemudian merilis daftar terbaru harga Neymar. Pemain berusia 27 tahun itu sempat dihargai 213 juta euro atau Rp 3,4 T di awal 2019, namun kini menyusut hampir 100 juta euro atau sekitar Rp 1,6 triliun dengan harga terendahnya di kisaran 120 juta euro (Rp 1,9 T) dan harga tertingginya hanya 150 juta euro (Rp 2,4 T) per bulan Juni.

Adapun harga jual Neymar berdasarkan situs tranfermrkt masih relatif stabil. Neymar masih dihargai 180 juta euro, yang menjadi harga pasaran tertinggi baginya.

Selain itu, absennya Neymar di Copa America 2019 membuatnya ditaksir gagal bersaing memperebutkan gelar pemain terbaik Ballon d'Or. Neymar diprediksi terlempar dari peringkat 50 besar, jika mengacu pada 2018 hanya menempati urutan ke-12.

Berita Lainnya

Index