Brasil Juara, Gawang Alisson Jebol Juga

Brasil Juara, Gawang Alisson Jebol Juga
Gawang Alisson Becker jebol juga di Copa America 2019 (REUTERS/Ricardo Moraes)

RIO DE JANEIRO, RIAUREVIEW.COM -Musim ini bisa dibilang jadi musimnya Alisson Becker. Kiper 26 tahun itu tak cuma meraih trofi Liga Champions, tapi juga berjaya di Copa America bersama Timnas Brasil.

Didatangkan dari AS Roma dengan banderol 66 juta pound sterling, Alisson langsung unjuk kemampuan di bawah mistar gawang Liverpool. Dia jadi jawaban atas lemahnya posisi kiper tim Merseyside itu lewat torehan 21 clean sheets di Premier League.

Meski cuma kebobolan 22 gol, tapi Alisson gagal membawa The Reds juara Liga Inggris. Tapi, itu dibayar tuntas di Liga Champions ketika Alisson tampil apik di final dan Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0.

Selain memberikan trofi Liga Champions, Alisson juga diserahi dua sarung tangan emas sebagai pertanda kiper paling sedikit kebobolan di Premier League dan Liga Champions. Sarung tangan emas ketiga pun didapat Alisson di Copa America.

Melajunya Brasil ke final tak lepas dari perannya sebagai penjaga gawang. Sebab tidak ada satu pun gol yang bersarang di gawangnya sedari matchday pertama hingga semifinal kontra Argentina. Lima laga tanpa kebobolan, Alisson berhak atas sarung tangan emas itu.

Performa oke itu disempurnakan trofi juara ketika Brasil mengalahkan Peru pada laga final di Maracana Stadium, Senin (8/7/2019) dini hari WIB, dengan skor 3-1. Hanya ada satu cela yakni Alisson gagal melanjutkan rentetan clean sheet-nya setelah dibobol penalti Paolo Guerrero.

Padahal sebelumnya Alisson merangkaikan sembilan clean sheet beruntun bersama klub dan timnas dimulai dari leg kedua semifinal Liga Champions kontra Barcelona, Wolverhampton, Tottenham Hotspur, Honduras, Bolivia, Venezuela, Peru, Paraguay, dan Argentina.

Sumber: detiksport

Berita Lainnya

Index