Bukan Aneh, Bicara dengan Diri Sendiri Punya Beragam Manfaat

Ilustrasi

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Tak sedikit orang yang berbicara sendiri saat tengah merasa kesal atau kesepian. Mulut akan mengoceh tentang apa saja, tak peduli siapa yang akan mendengar.

Namun, jangan anggap mereka gila. Berbicara sendiri juga punya manfaat untuk kondisi emosi seseorang.

Mulai dari mengatasi rasa kesepian hingga meningkatkan kepercayaan diri, berikut dilansir CNNIndonesia, manfaat berbicara pada diri sendiri.

1. Menghilangkan rasa kesepian
Psikolog Aniesa M Schneberger mengatakan, berbicara pada diri sendiri akan menghilangkan rasa kesepian yang kerap dialami.

"Akan ada reaksi kenyamanan yang mengisi ruang kosong pada dalam diri ketika sedang sendirian," ujar Aniesa.

2. Membantu mengingat agenda harian
Pikiran hanya dapat memproses satu tugas pada satu waktu, meski konon manusia bisa melakukan banyak tugas dalam waktu yang sama.

Psikoterapis Julia Breur mengatakan, berbicara pada diri sendiri dapat membantu pikiran Anda untuk memilah-milah banyaknya tugas pada waktu yang sama. Hal tersebut akan membantu Anda untuk memprioritaskan sesuatu dengan lebih baik.

3. Membantu menemukan barang lebih cepat
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Wisconsin-Madison dan Unviversity of Pennsylvania menemukan bahwa berbicara pada diri sendiri dapat membantu menemukan barang yang hilang dengan lebih cepat.

Hasil studi menemukan, seseorang yang mengucapkan kata sesuatu yang dicari membuat kemampuan untuk menemukannya berjalan lebih cepat.

4. Mempermudah mencapai keinginan
Keinginan baik besar maupun kecil lebih mudah dicapai dengan kekuatan berbicara pada diri sendiri. Psikolog berpendapat, berbicara pada diri sendiri memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan skenario tertentu yang sedang berlangsung. 

Psikolog Linda Sapadin mengatakan bahwa keinginan keras Anda dapat membantu membuahkan hasil. Hal ini dikarenakan Anda berhasil menaruh pusat perhatian dengan baik dan berusaha keras mencegah gangguan yang akan menghambat keinginan Anda.

5. Menghilangkan stres
Stres dapat diatasi dengan berbicara pada diri sendiri. Cara ini sudah tergolong lumrah sebagai solusi stres dan kecemasan. Berbicara sendiri dapat meringankan tekanan dalam hidup yang dirasakan.

Suara seseorang bertindak sebagai perilaku yang menegaskan bahwa segala hal bisa dilakukan. Breur mengatakan, dengan berbicara pada diri sendiri, Anda akan menahan pikiran dan lebih percaya diri mengalami tekanan.

6. Membantu pemecahan masalah
Berbicara pada diri sendiri juga ternyata memudahkan Anda untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Alasannya adalah ketika suatu masalah muncul, Anda cenderung akan berpikir lebih keras dan menjadi mandiri karena mendengarkan suara Anda.

Hal tersebut terjadi lantaran suara dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat pemecatan masalah menjadi lebih efektif.

7. Meningkatkan kepercayaan diri
Untuk mendapat pujian tak harus menunggu dari orang lain. Anda bisa mengatakannya pada diri sendiri.

Sapadin berpendapat, melontarkan kata-kata pujian yang positif pada diri sendiri dapat meningkatkan harga diri Anda. 

"Daripada mengandalkan orang lain untuk berharap pujian, puji lah diri sendiri dengan keras," ujar Sapadin.

8. Meningkatkan kecerdasan
Kecerdasan juga dapat meningkat ketika Anda berbicara pada diri sendiri. Sapadin mengatakan, kebiasaan ini akan membantu Anda mengatur pikiran dan mengasah tugas-tugas penting yang dilakukan.



TULIS KOMENTAR