Paguyuban Jawa Tampilkan Kapal Majapahit

Paguyuban Jawa Tampilkan Kapal Majapahit
Paguyuban Keluarga Masyarakat Jawa (PKMJ) Bengkalis menampilan budaya dan miniatur kapal majapahit. PKMJ yang diketuai Masuri, SH alias Mas Bagong ini menurunkan 200 pemuda jawa yang cinta budaya dalam Karnaval Budaya sempena hari jadi Bengkalis.

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Memeriahkan hari jadi Bengkalis ke-507 Tahun 2019, sebagian besar paguyuban menampilkan kebudayaannya, di Lapangan Tugu, Bengkalis, Senin (29/7/2019).

Keberagaman suku dan budaya di Bengkalis, mulai dari Paguyuban Bugis, Paguyuban Keluarga Masyarakat Jawa (PKMJ), Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Bengkalis (PSMTI), Paguyuban Minang melalui IKMR, Paguyuban Batak Bengkalis, Paguyuban Sunda, Aceh, Suku Asli dan Paguyuban NTB menjadi pemersatu Bengkalis berjuluk negeri junjungan.

Ciri khas paguyuban ini terlihat melalui pakaian adat yang melekat dibadan peserta. Mereka memeriahkan hari jadi Bengkalis melalui karnaval Budaya Pesona Negeri Junjungan. Karnaval dilepas resmi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis H Heri Indra Putra.

Pantauan  wartawan di Lapangan Tugu Bengkalis, penampilan paguyuban membuat seluruh undangan terhibur. Seperti penampilan reog Ponorogo dari PKMJ dibawah pimpinan Masuri, SH alias Mas Bagong. Reog tampil bersemangat dan dimainkan oleh asli anak-anak Bengkalis, kemudian kuda kepang serta penampilan miniatur Kapal Majapahit.

Gambaran Kapal Majapahit ini sedikit mengulas mengenai eksistensinya masyarakat Indonesia di wilayah Perairan atau laut. Dalam catatan sejarah Bengkalis, tertulis jika Bengkalis ini terkenal dengan pusat perdagangan, terutama ekspor ikan hasil tangkapan nelayan.

Tak hanya dari paguyuban jawa, namun paguyuban Batak serta sejumlah paguyuban lainnya juga turut menampilkan budayanya. Kegiatan itu juga dibarengi dengan penampilan sejumlah kreatifitas anak negeri, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan sederajat.

“Kita harapkan Kabupaten Bengkalis menjadi lebih berwarna, lebih indah dan semakin maju, karena keragaman budaya sehingga menimbulkan semangat semua komponen untuk terlibat membangun negeri junjungan secara bersama-sama,”kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis H Heri Indra Putra saat melepas peserta karnawal budaya.

Kegiatan itu turut dihadiri seluruh Pimpinan Forkopimda Bengkalis. Ketua DPH LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Sri Sofyan Said, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Sri H Zainuddin Yusuf. Sedangan tamu undangan lainnya penjabat Bupati Bengkalis DR. Syamsurizal bersama tamu undangan lainnya. (ab)

Berita Lainnya

Index