Tips Supaya Hijab Tak Sebabkan Rambut Rontok

Tips Supaya Hijab Tak Sebabkan Rambut Rontok

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM - Pemakaian hijab yang kurang benar berpotensi menyebabkan kerontokan rambut. Lantas, bagaimana cara yang tepat dalam berhijab agar rambut tetap sehat?

Menurut dr. Gloria Novelita, SpKK, ada tiga penyebab rambut rontok yakni gen (keturunan), penyakit, dan gaya hidup. Adapun gaya hidup mencakup penataan rambut, termasuk itu saat memakai hijab. 

"Bukan karena hijabnya, tapi styling-nya. Misalnya pemakaian ciput atau dalaman hijab yang terlalu lama memberikan efek tekanan pada rambut. Tekanan ini yang membuat rambut rontok," kata Gloria saat peluncuran Dove Hairlympic Studio di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2018). 

Kondisi kian diperparah dengan penataan rambut yang cenderung diikat terlalu kencang saat menggunakan hijab. Bila tekanan berlangsung kronik, lanjut Gloria, bukan tidak mungkin kerontokan bisa berujung kebotakan. 

Untuk menghindari masalah rambut rontok ketika berhijab, Gloria menyarankan, ada baiknya penataan hijab lebih variatif dalam sehari. "Pengaturan rambut juga jangan terlalu lama berfokus pada satu titik agar tekanan dapat diminimalisir," tambah Gloria.

Di luar itu, asupan nutrisi lewat makanan dan rutin berolahraga akan sangat membantu dalam menjaga kekuatan rambut. "Perbanyak makanan berprotein untuk memperkuat keratin yang adalah zat penting dalam membuat rambut yang sehat dan cantik," ungkap Gloria.

Sementara olahraga memperlancar sirkulasi darah yang mambawa nutrisi ke rambut. Dengan demikian, nutrisi pada rambut dapat terpenuhi sehingga terhindar dari masalah kerusakan rambut, termasuk kerontokan.

Sumber: wolipop.detik.com

Berita Lainnya

Index