Tumor Otak Seberat 1,8 Kg, Berhasil Diangkat di India, Begini Ceritanya?

Tumor Otak Seberat 1,8 Kg, Berhasil Diangkat di India, Begini Ceritanya?
Santlal Pal sebelum dan setelah operasi. (Foto: AFP) - Sumber:OKEZONE

MUMBAI, RIAUREVIEW.COM - Tim dokter di India berhasil mengangkat tumor otak seberat 1,8 kilogram dari kepala seorang pria India. Tumor otak tersebut tercatat sebagai yang terberat dalam sejarah medis.

Diwartakan Sputnik, tumor tersebut menonjol keluar dari kepala Santlal Pal, seorang pria berusia 31 tahun yang menjadi buta karena penyakit yang dialaminya itu. Tim dokter yang dipimpin Dr. Trimurti Nadkarni membutuhkan waktu selama tujuh jam untuk mengoperasi dan mengangkat tumor tersebut.

Keberhasilan para dokter dari Rumah Sakit BYL Nair di Mumbai itu bisa dikatakan sebuah prestasi dan keajaiban medis. Sebelumnya, sudah ada dua rumah sakit di Varanasi dan Allahabad yang menolak untuk melakukan operasi kepada Santlal karena rumitnya prosedur dan bahaya yang dihadapi.

Pal mengalami pembengkakan hebat di bawah kulit kepalanya dan menjadi buta. Dia mengeluhkan sakit kepala yang terus-menerus dan operasi adalah satu-satunya pilihan.

"Tampak seperti ada dua kepala yang saling menempel satu sama lain, bahkan pembuluh kulit kepala pun menjadi berliku dan melebar.Pada saat masuk, pasien sudah benar-benar buta," kata Dr. Trimurti sebagaimana dilansir Sputnik, Jumat (23/2/2018).

Pasien dan keluarganya telah diberitahu mengenai resiko melakukan perasi tersebut. Selama tujuh jam operasi, pasien membutuhkan 11 unit darah dan terus menggunakan ventilator selama tiga hari setelah operasi.

Saat ini Santlal dikabarkan sudah mulai pulih. Menurut Kepala Rumah Sakit BYL Nair, pria asal Uttar Pradesh itu merasa lega karena beban di kepalanya sudah hilang.(dka)

Sumber: OKEZONE NEWS

Berita Lainnya

Index