Walhi Desak Pemprov Riau Tingkatkan Status Darurat Asap

Walhi Desak Pemprov Riau Tingkatkan Status Darurat Asap
Penampakan kabut asap yang menyelimuti Jembatan Siak IV di Kota Pekanbaru, Riau (Foto: Antara Foto)

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mendesak Pemprov Riau meningkatkan status kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau menjadi darurat asap. Saat ini status hanya siaga.

"Gubernur Riau sekarang harus segera tingkatkan status darurat asap. Denga demikian, pemerintah akan membangun posko tempat pengungsian warga dari bencana asap. Jika tidak ditingkatkan, maka kita seperti ini terus. Tak ada yang peduli rakyat sudah sesak napas karena asap," kata Direktur Walhi Riau, Made Ali yang dilansir detikcom, Jumat (13/9/2019).

Made menyebutkan, saat ini dengan status siaga karhutla, Pemprov Riau terkesan membiarkan apa yang terjadi tanpa ada penanggulangan bencana asap ke rakyatnya. Karena itu dia mendesak Pemprov Riau untuk segera meningkatkan status tersebut.

"Kalau status sudah darurat, maka rakyat yan terpapar asap harus dievauasi. Harus ada solusinya cepat, bukan seperti sekarang ini soal asap dianggap sepela dan tak ada kepedulian Pemprov Riau terhadap masyarakat," kata Made Ali.

Made juga mendesak, harus segera ada ruangan khusus tanpa asap sebagi tempat perlindungan warga. "Sekarang rakyat butuh di mana tempat untuk bisa menghirup udara tanpa asap. Mau ke mana rakyat mencarinya, tak ada sama sekali solusi yang diberikan Gubernur Riau saat ini," kata Made Ali.

Walhi juga menyoroti Dinas Kesehatan Riau di bawah kendali Gubernur Riau Syamsuar yang dianggap tak peduli dengan kondisi saat ini. Made menilai kinerja Dinas Kesehatan Riau tidak jelas.

"Harusnya Dinas Kesehatan Riau sudah beriniatis mendirikan posko darurat asap, menyiapkan ruangan khusus yang terhindar dari asap. Dinas Kesehatan Riau ini sepertinya menganggap bencana asap ini seperti tidak ada terjadi saat ini. Kita bingung, kerja Dinas Kesehatan Riau apa ya coba," tegas Made.

Seperti diketahui, hari ini asap karhutla sendiri sudah masuk ke rumah warga. Asap tersebut imbas dari karhutla yang semakin meluas tiap harinya.

Berita Lainnya

Index