Komisi Informasi Riau Kunjungi Unilak, Ini yang Dibahas

Komisi Informasi Riau Kunjungi Unilak, Ini yang Dibahas
Komisi Informasi Provinsi Riau berkunjung ke Universitas Lancang Kuning, Rabu (9/10/2019).

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Komisi Informasi Provinsi Riau berkunjung ke Universitas Lancang Kuning, Rabu (9/10/2019). Kunjungan langsung dipimpin oleh Komisioner KIP Tatang Yudiansyah yang didampingi dua orang staf.

Kunjungan ini disambut hangat oleh Wakil Rektor I Unilak Dr Junaidi. Pertemuan dilakukan selama satu jam.

Dijelaskan Tatang, kunjungan ke Unilak dalam rangka melakukan monitoring evaluasi layanan publik berdasarkan amanah UU no 14 tahun 2008. Karena setiap badan publik, termasuk perguruan tinggi adalah badan publik yang harus kami evaluasi setiap tahunnya. Nantinya hasil evaluasi ini akan kita umumkan ke publik, perguruan tinggi salah satunya Unilak, sekaligus sekalian mengantarkan kuisioner yang harus diisi oleh PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi) di Unilak. 

Setelah ini, tahapannya (KIP) akan melakukan visitasi apakah singkron data isian kuisioner dengan data di lapangan, apakah sudah tersedia layanan informasi, administrasi, termasuk struktur PPID nya, standar operasional prosedur, sampai data materi Informasi publik, dan sampai tahapan penjurian seluruh perguruan tinggi di Riau akan kita peringkat.

Hasil dari peringkat itu adalah apakah termasuk kategori informatif,  cukup informati atau bahkan yang paling bawah itu tidak informatif. Baru nanti akan kita gelar KI award 2019.

"Mudah-mudahan Unilak sebagai perguruan tinggi terkemuka di Riau mendapatkan posisi yang baik dalam konteks pelayanan informasi publik. Karena Informasi publik di perguruan tinggi sangat dibutuhkan bukan hanya bagi mahasiswa tapi juga bagi masyarakat luas. Selain Unilak, kita juga melakukan ke perguruan tinggi lain, UIR, Umri, Unri, Poltekkes," tutup Tatang.

Sementara itu Dr Junaidi menyambut baik kunjungan ini. Dijelaskannya, informasi ini sangat penting bagi Unilak, karena Unilak adalah badan publik yang juga memberikan pelayanan publik kepada mahasiswa dan masyarakat. 

"Kita berterimakasih Komisi informasi mengantarkan kuisioner untuk tahun 2019, mudahan mudahan di KI Award, Unilak mendapat peringkat lebih baik seperti yang pernah diperoleh tahun lalu," ujarnya.

Berita Lainnya

Index