5 Manfaat Santan, untuk Kulit hingga Prostat

5 Manfaat Santan, untuk Kulit hingga Prostat
Ilustrasi.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Santan kerap digunakan sebagai salah satu bahan untuk memasak. Baik sebagai kuah makanan maupun bahan campuran kudapan, santan nyaris tak pernah absen di sejumlah olahan makanan Indonesia. Sembari menyantap makanan bersantan, orang pun bisa memperoleh sejumlah manfaat.

Manfaat santan bisa diperoleh berkat aneka nutrisi di dalamnya seperti, lemak, protein, karbohidrat, serat vitamin C, serta mineral penting. Setidaknya, ada lima manfaat santan untuk kesehatan.

1. Bantu turunkan berat badan

Kandungan lemak pada santan sering disalahkan sebagai penyebab kenaikan berat badan. Justru, bila dikonsumsi dengan tepat santan bisa bantu turunkan berat badan. Melansir dari Medical News Today, santan mengandung medium-chain triglycerides (MCTs) atau trigliserida rantai sedang. MCTs menstimulasi energi lewat proses thermogenesis atau produksi panas.

Beberapa studi menyebut kinerja MCTs berkaitan dengan penurunan berat badan dan ukuran pinggang. Zat ini juga berperan untuk menyeimbangkan bakteri usus.

Namun, untuk mendapat manfaat sehat tersebut, santan tak boleh dipanaskan berkali-kali karena dapat menghasilkan lemak jahat. Bila masak menggunakan santan, baiknya dalam porsi kecil sehingga bisa segera dihabiskan dalam sekali makan.

2. Tingkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit

Anda bisa mendukung kinerja kekebalan tubuh dengan konsumsi santan. Santan mengandung lipid yang disebut asam laurat (lauric acid) dan banyak ahli meyakini asam laurat bisa meningkatkan sistem imun.

Untuk mendapat manfaat ini, santan juga tak boleh dihangatkan berkali-kali.

3. Cegah kanker prostat

Santan kaya akan vitamin dan mineral termasuk zinc. Zinc merupakan elemen penting untuk menjaga kesehatan kelenjar prostat dan mengurangi risiko kanker prostat.

Mengutip Alodokter, prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem reproduksi dan posisinya mengelilingi saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. 

Kelenjar prostat mengandung banyak zinc. Konsumsi santan memastikan kadar zinc pada prostat tetap terjaga.

4. Melembapkan kulit

Mandi susu diyakini bisa membuat kulit halus dan lembut. Santan alias coconut milk pun bisa memberikan manfaat serupa. Melansir dari Stylecraze, cukup siapkan secangkir santan kental, setengah cangkir air mawar, secangkir kelopak mawar kemudian campurkan dengan air hangat. Mandi berendam dengan ramuan ini bisa membuat kulit halus dan lembap.

5. Atasi kulit yang terbakar sinar matahari

Mungkin manfaat santan yang tidak akan Anda duga ialah santan bisa meredakan kondisi kulit yang terbakar sinar matahari. Oleskan santan pada kulit yang gosong sehingga kulit segera pulih plus terhindar dari peradangan.

Lemak pada santan bisa meredakan rasa sakit, kemerahan, dan bengkak pada kulit. Untuk hasil terbaik, oleskan jelang tidur kemudian bilas keesokan harinya.

Sumber :CNNIndonesia 

Berita Lainnya

Index