Hadapi Virus Corona, Kemenkes Siapkan 100 Rumah Sakit Rujukan

Ilustrasi.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Meski sudah merebak ke beberapa negara, Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum menyatakan status wabah virus corona sebagai darurat kesehatan global. Meski demikian, pemerintah Indonesia mengklaim sudah bersiap siaga.

Vensya Sitohang, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan Indonesia siap hadapi virus corona. Sebanyak 100 rumah sakit disiapkan untuk rujukan penyakit infeksi emerging.

"Agar masyarakat tenang, diedukasi, jangan sampai ada masuk ke Indonesia meski ada mobilitas tinggi. Kepanikan malah menimbulkan masalah, penyakit enggak ada malah panik," kata Vensya dalam konferensi pers di gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

"Melalui Dirjen Pelayanan Kesehatan, kami menyiapkan 100 rumah sakit untuk rujukan penyakit infeksi emerging."

Untuk menghadapi berbagai masalah ini, beberapa rumah sakit di Indonesia sudah disiagakan. Di Jakarta misalnya ada beberapa rumah sakit pelayanan paru yang bisa dijadikan rujukan ketika ditemukan gejala-gejala penyakit tersebut. 

Vensya berkata ada tiga rumah sakit di Jakarta yang dijadikan rujukan nasional yakni, RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persahabatan, dan RSPI Sulianti Saroso.

Saat ini, Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso mengisolasi satu pasien terduga terjangkit Virus Corona. Orang yang diduga alias suspect virus ini diketahui telah bepergian ke wilayah China dan pulang ke Indonesia pada Rabu (22/1).

Rumah sakit-rumah sakit yang sudah ditunjuk Kemenkes sebelumnya telah disiagakan dalam kasus flu burung maupun MERS beberapa tahun lalu. Menghimpun informasi dari berbagai sumber, rumah sakit yang memiliki ruang isolasi untuk penyakit di paru-paru dan saluran pernapasan antara lain:

1. RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo (Makassar, Sulawesi Selatan), 

2. RSUD Tulungagung (Tulungagung, Jawa Timur), 

3. RSUP Dr.Sardjito (Yogyakarta), 

4. RS Otorita (Batang, Kepulauan Riau), 

5. RSU Dr.Soetomo (Surabaya, Jawa Timur), 

6. RS Kariadi (Semarang, Jawa Tengah), 

7. RS St.Elisabeth (Semarang, Jawa Tengah) 

8. RSUD Blambangan Banyuwangi (Banyuwangi, Jawa Timur).

Kemudian mengutip dari situs resmi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) ada beberapa rumah sakit di Jakarta dengan pelayanan paru. Meski ada beberapa yang tidak termasuk dalam rumah sakit rujukan infeksi emerging, tetapi untuk masalah berkaitan dengan paru, rumah sakit berikut bisa dijadikan rujukan.

Rumah sakit dengan pelayanan paru yakni: 

1. RSUP Persahabatan, 

2. RSPAD Gatot Subroto, 

3. RS Polri Pusat Sukanto, 

4. Dinas Kesehatan DKI Jakarta, 

5. RSUD Koja, 

6. Direktorat Kesehatan Mabes TNI-AU, 

7. RS Pusat Pertamina, 

8. RS Fatmawati, 

9. RS Kanker Dharmais, 

10. RSUD Pasar Rebo, 

11. RS M.Ridwan Meureksa, 

12. RSUD Tangerang, 

13. RS Haji Jakarta

14. RSUD Budi Asih.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan Indonesia saat ini dalam situasi Siaga Satu terkait virus corona yang berasal dari Wuhan, China.

"Saya akan cek semua termasuk pintu-pintu masuk negara, kita udah siaga satu ini, nggak ada tidurnya, jadi tenang, saya bekerja membantu masyarakat untuk tidak usah khawatir," kata Terawan dikutip dari situs resmi Kemenkes, Jumat (24/1).

Sumber : CNNIndonesia. 



TULIS KOMENTAR