5 Cara Mengatasi Batuk Tanpa Obat

5 Cara Mengatasi Batuk Tanpa Obat
Ilustrasi.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Batuk sepertinya penyakit yang sepele, tetapi nyatanya bisa sangat mengganggu. Kalau sudah begitu, terpaksa dana dialokasikan untuk membeli sirup obat batuk.

Dilansir CNNIndonesia, peneliti dari American Chemical Society menemukan hanya ada sangat sedikit bukti kalau sirup obat batuk efektif mengatasi batuk. Oleh karena itu, tak ada salahnya mencoba pengobatan alami untuk mengatasi batuk.

1. Asupan cairan

Batuk sebenarnya mekanisme tubuh untuk mengeliminasi lendir atau benda asing yang masuk ke saluran napas. Saat batuk, tubuh kehilangan cairan. Sebaiknya jaga asupan cairan untuk menghilangkan racun di tubuh dan menjaga tenggorokan tidak kering.

2. Pelembab Udara

Pelembap tidak cuma berlaku buat kulit. Udara pun memerlukan kelembapan. Saat ruangan sangat kering, ini bisa membuat saluran napas terutama hidung dan tenggorokan mudah kering. Kondisi ini bisa membuat batuk semakin parah.

Sebaiknya sediakan humidifier atau pelembap ruangan agar hidung dan tenggorokan tidak cepat kering. Penggunaan pelembap udara ini bisa juga membantu pemulihan kondisi orang yang mengalami radang tenggorokan.

3. Jahe dan Madu

Jahe mampu diandalkan untuk meringankan batuk, demam dan radang tenggorokan. Rebus jahe dan minum air rebusan untuk meringankan batuk. Untuk memaksimalkan manfaat, tambahkan madu.

Madu sangat baik untuk memulihkan batuk berdahak. Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga mampu mencegah infeksi bakteri penyebab batuk berdahak.

4. Kumur air Garam

Larutan air dan garam bisa digunakan untuk meringankan batuk. Racikan ini bisa digunakan untuk membilas dahak bagi yang mengalami batuk berdahak. Selain itu, air garam juga bisa meredakan sakit tenggorokan.

Campurkan air hangat dengan setengah hingga tiga perempat garam. Kumur-kumur dan pastikan kepala agak menengadah ke atas sehingga air garam bisa mencapai mulut bagian dalam. Sebaiknya lakukan beberapa kali dalam sehari.

5. Sup sederhana

Sup sederhana buatan rumah bisa membantu meredakan batuk. Sup dengan tambahan bumbu lada bisa membuat tubuh tetap hangat. Sebab jika suhu tubuh menurun hingga kedinginan, daya tahan tubuh bisa menurun sehingga tubuh tidak maksimal melawan virus atau bakteri penyebab batuk.

Di samping itu, konsumsi sup bisa menambah asupan cairan atau sebagai alternatif air putih biasa.

Berita Lainnya

Index