5 Cara Mengusir Nyamuk Aedes aegypti

5 Cara Mengusir Nyamuk Aedes aegypti
Ilustrasi.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus merupakan vektor yang menularkan penyakit demam berdarah dengue (DBD) kepada manusia. Cara mengusir nyamuk Aedes aegypti  yang tepat dapat membantu melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

Spesies nyamuk Aedes dapat dikenali melalui warna garis-garis hitam putih. Nyamuk ini agresif menggigit pada siang dan malam hari. Nyamuk Aedes bertelur di genangan air dan dapat tinggal di tumpukan-tumpukan yang lembap.

Dilansir CNNIndonesia, berikut cara mengusir nyamuk Aedes aegypti.

1. Membersihkan genangan air

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan untuk selalu membersihkan genangan air yang dapat menjadi sarang jentik nyamuk Aedes. Berikut beberapa langkah untuk membersihkan genangan air:

- Perhatikan genangan air seperti di dalam ember, vas bunga, minuman hewan peliharaan, kaleng, dan ban bekas.

- Setiap minggu kuras bak mandi untuk menghilangkan telur nyamuk.

- Tutup pula genangan air di dalam ember dengan rapat agar nyamuk tak bisa masuk.

2. Menggunakan ikan kecil dan tanaman

Ikan kecil juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk Aedes. Ikan hias air tawar seperti cupang, molly, guppy, kepala timah, dan mas dapat diternak dan diletakkan dalam genangan air. Ikan ini memakan jentik-jentik nyamuk.

Selain ikan, sejumlah tanaman juga bisa mengusir nyamuk secara alami. Dikutip dari Pro Flowers, tanaman bunga lavender, lemon, marigold, peppermint, rosemary, geranium dapat menghalau nyamuk karena memiliki wangi yang tak disukai nyamuk Aedes.

3. Menutup jalur masuk nyamuk

Menutup jendela, ventilasi, dan pintu juga dapat dilakukan untuk menghalau nyamuk masuk ke dalam rumah. Gunakan pendingin ruangan untuk sirkulasi udara. Menggunakan kelambu di tempat tidur juga dapat mencegah gigitan nyamuk saat sedang tidur.

4. Gunakan pembasmi Nyamuk

CDC menyarankan untuk menggunakan pembasmi nyamuk dan serangga yang memiliki bahan aktif yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak. Bahan aktif itu diantaranya DEET, icaridin, IR3535, minyak lemon eucalyptus, PMD, dan 2-undecanone.

5. Menggunakan baju panjang

Saat beraktivitas sebaiknya gunakan pakaian yang menutupi tubuh seperti baju lengan panjang, celana panjang, sepatu tertutup, dan topi. Hindari pula menggunakan warna-warna gelap karena nyamuk lebih senang pada warna-warna gelap.

Berita Lainnya

Index