Suhu Tubuh WNI Kru Diamond Princess Disebut Tentukan Evakuasi

Suhu Tubuh WNI Kru Diamond Princess Disebut Tentukan Evakuasi
Ilustrasi.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Kementerian Luar Negeri RI menyatakan 69 warga Indonesia kru kapal pesiar Jepang, Diamond Princess, kembali dicek suhu tubuhnya sebelum diperbolehkan menaiki pesawat evakuasi yang akan memulangkan mereka ke Jakarta, Minggu (1/3).

WNI yang suhu tubuhnya melebihi angka yang ditetapkan protokol kesehatan pemerintah tidak akan dievakuasi.

"Pada Minggu siang, 1 Maret 2020, pukul 12.10 waktu Tokyo, para WNI ABK yang telah dikarantina dua pekan lebih di kapal Diamond Princess di Yokohama memulai proses pemulangan ke Tanah Air," bunyi pernyataan Kemlu RI.

"Setelah santap siang yang disiapkan oleh KBRI Tokyo, WNI ABK tersebut turun satu persatu untuk diukur suhu tubuhnya. Mereka yang suhunya melebih angka yang ditetapkan oleh Protokol Kesehatan Indonesia diminta untuk kembali ke kapal," ucap Kemlu RI menambahkan.

Kemlu RI menegaskan dari total 78 WNI kru Diamond Princess, sebanyak 69 ABK secara sukarela mengikuti proses pemulangan. 

Puluhan WNI yang telah dinyatakan lolos cek kesehatan diperbolehkan meninggalkan Diamond Princess menggunakan bus pada Minggu siang untuk segera diangkut ke pesawat maskapai Garuda Indonesia dari Bandera Haneda.

Secara terpisah, Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman menuturkan puluhan WNI itu akan langsung dibawa ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, setibanya di Bandara Kertajati, pada Minggu malam.

Berbeda dengan Kemlu RI, Fadjroel mengatakan ada 68 WNI yang dievakuasi dari Diamond Princess. Ia menuturkan ada dua WNI yang tak ingin dievakuasi dan ingin tetap tinggal di Jepang.

Sementara itu 8 WNI lainnya masih dirawat di Jepang karena dinyatakan terinfeksi virus Covid-19.

Sumber: CNNIndonesia. 

Berita Lainnya

Index