Telepon Jokowi, Presiden Iran Siap Pasok Alat Medis Corona

Telepon Jokowi, Presiden Iran Siap Pasok Alat Medis Corona

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Presiden Iran Hassan Rouhani menuturkan negaranya siap bekerja sama dengan Indonesia dalam pemenuhan alat kesehatan dan medis untuk penanganan virus corona  (Covid-19).

Dalam sambungan telepon dengan Presiden Jokowi pada Senin (27/4), Rouhani mengatakan Iran siap memasok kebutuhan alat medis seperti alat pemeriksaan, ventilator, CT scan, dan masker medis N95 untuk Indonesia.

"Iran telah memiliki pencapaian sukses dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, dan dalam memasok serta memenuhi kebutuhan produksi test kit, ventilator, CT scan, dan masker N95. Dan (Iran) siap bekerja sama dan berinteraksi dengan Indonesia soal ini," kata Rouhani dilansir CNNIndonesia. 

Rouhani dan Jokowi turut membahas penyebaran virus corona yang turut berdampak bagi Iran dan Indonesia. 

Kedua pemimpin sepakat untuk berjuang bersama menangani penyebaran pandemi tersebut melalui pertukaran pengalaman dan pencapaian ilmiah dalam penanganan Covid-19.

Iran menjadi negara dengan kasus corona tertinggi di Timur Tengah. Per hari ini, Iran telah mencatat 91.472 kasus corona dengan 5.806 kematian serta 70.933 pasien sembuh.

Iran mengklaim telah berhasil melakukan terobosan dalam penanganan virus corona. Pada awal Maret lalu, ilmuwan Iran menyatakan tengah mengembangkan vaksin virus corona yang diklaim tak butuh waktu lama untuk memasuki tahap produksi.

Selain wabah corona, kedua pemimpin juga membahas penguatan kerja sama antara Teheran-Jakarta.

Rouhani juga berharap dalam situasi ini, relasi Indonesia dan Iran akan tetap kuat. Ia berharap gelaran Komisi Bersama Kerja Sama (Joint Commission on Cooperation) antara kedua negara akan tetap berjalan dan diperkuat ke depannya.

Menurut ISNA, Jokowi turut mengungkapkan apresiasi terhadap Iran atas kesuksesan negara itu menangani wabah corona.

"Hari ini, virus corona telah memicu kondisi yang sulit bagi dunia. Dan di saat seperti ini, semua negara terutama negara Islam harus saling membantu," kata Jokowi.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga menyatakan bakal menyalurkan bantuan mesin penunjang pernapasan pasien atau ventilator kepada Indonesia yang sedang berjuang mengatasi wabah virus corona.

Berita Lainnya

Index