Sarapanlah Sepanjang Hari Agar Anda Tidak Emosian

Sarapanlah Sepanjang Hari Agar Anda Tidak Emosian

RIAUREVIEW.COM - Sarapan sangat baik untuk tubuh Anda. Dengan sarapan, tubuh Anda mendapatkan energinya kembali setelah hilang akibat tidur yang panjang. Sarapan juga terbukti baik untuk keseimbangan tubuh Anda.

Pemahaman mengenai pentingnya sarapan pun sudah mulai dipercaya banyak orang. Terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan Jakpat, sudah 77% masyarakat Indonesia yang pagi harinya diisi dengan sarapan. Fakta ini tentunya baik dan harusnya terus ditingkatkan.

Bicara mengenai sarapan, Ahli Gizi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono menjelaskan bahwa pagi hari itu kebanyakan dari tubuh manusia mengalami penurunan kadar gula dalam darah dan glikogen dan insulin pun berkurang. Hal ini yang kemudian membuat Anda merasa lemas saat terbangun.

Rasa lemas itu bisa dihilangkan dengan sarapan. Tapi, yang harus diperhatikan selanjutnya adalah Anda mesti cerdas memilih asupan makanannya. Jangan sampai Anda sudah bilang sarapan tapi yang dimakan tidak mengandung nutrisi sama sekali, sebut saja gorengan.

Kemudian, dr. Fiastuti menjelaskan bahwa dengan sarapan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Sebut saja penambah energi. Kemudian, sarapan juga dipercaya bisa menjaga konsentrasi otak. Terlebih jika Anda mengonsumsi cukup karbohidrat yang memang terkenal sebagai penambah energi pada otak.

Fungsi lainnya adalah menciptakan tubuh ideal. "Kesalahpahaman masyarakat mengenai sarapan juga dipengaruhi oleh asumsi sarapan bikin gemuk. Padahal, dengan sarapan, Anda mengontrol asupan gizi yang masuk dan ini yang kemudian membuat Anda membatasi makanan apa yang selanjutnya akan dikonsumsi," sambung dr. Fiastuti.

Kalau Anda sudah bisa mengontrol asupan makanan, maka tubuh Anda pun cenderung akan ideal. Ditambah lagi Anda melakukan aktivitas fisik yang bisa membakar lemak berlebih dalam tubuh.

Selanjutnya, dr. Fiastuti menambahkan kalau sarapan ternyata bisa membuat Anda terhindar dari bad mood, emosian atau juga merasa "senggol bacok". Karena fungsi ini juga, sambungnya, alhasil Anda tidak mudah untuk julid pada orang lain. "Anda akan lebih merasa senang dan penuh semangat. Tidak ada perasaan mau julidin orang lain," tambahnya lantas tertawa kecil.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Berita Lainnya

Index