Cara Mencuci Tangan Agar Terhindar dari Kuman

Cara Mencuci Tangan Agar Terhindar dari Kuman

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM - Cuci tangan pakai sabun direkomendasikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mencegah penyakit. Idealnya, CTPS dilakukan dengan menggunaka air yang mengalir dan menggunakan sabun.

Cara ini mampu memutus rantai penyebaran kuman penyebab penyakit menular. Apalagi ukuran kuman yang mungkin tersentuh oleh tangan sangat kecil dan tidak dapat terlihat oleh mata telanjang. Oleh karena itu perilaku CTPS sangat disarankan.

Pasalnya dapat menurunkan risiko penyakit diare, mencegah infeksi cacing, infeksi mata hingga penyakit kulit. Selain itu, CTPS juga dapat mengurangi kematian bayi baru lahir.

Di mana 50% kematian bayi terjadi di rumah lantaran ibu yang kurang atau tidak mendapatkan informasi cukup mengenai perawatan bayi baru lahir.

Di antaranya, sesudah buang air besar, sesudah membersihkan anak yang buang air besar, sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan dan sebelum atau menyuapi serta menyusui anak. Lantas bagaimana langkah Cuci tangan pake sabun yang tepat? Berikut ulasannya.

1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir.

2. Gosok sabun ke telapak, punggung tangan dan sela-sela jari.

3. ‎Bersihkan bagian bawah kuku.

4. ‎Bilas tangan dengan air bersih mengalir.

5. ‎Keringkan tangan dengan handuk atau tisu. Alternatif lainnya, keringkan tangan dengan udara atau dianginkan.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Berita Lainnya

Index