Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM - Ginjal adalah organ vital yang perlu mendapat perhatian agar kondisinya tetap baik. Memastikan ginjal sehat terbilang sangat penting, mengingat Chronic Kidney Diseases (CKD) atau penyakit ginjal kronis tercatat menjadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia. 

Dalam penyebarannya, penyakit ini dapat dialami semua orang, termasuk anak-anak. Karena itu, menjaga ginjal agar tetap sehat menjadi penting. Dilansir Zeenews, ada beberapa kiat sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Berolahraga secara teratur untuk menjaga aliran darah dalam membantu menjaga ginjal tetapi sehat, kemudian mempertahankan berat badan ideal,mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. 

Jika Anda menderita diabetes, kelola tingkat gula darah, pantau tekanan darah dan kolesterol. Anda juga harus  mengetahui riwahat atau sejarah keluarga, terutama penyakit ginjal.

Langkah lain menjaga ginjal tetap sehat dengan membatasi asupan garam, hindari kebiasaan tak sehat seperti merokok atau minum alkohol.

Untuk lebih menyempurnakan upaya menjaga kesehatan ginjal, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya diprioritaskan.

Paprika merah
Sayuran merah ini baik untuk kesehatan dan ginjal karena mengandung sumber vitamin C, vitamin A dan vitamin B6, asam folat, serat dan lycopene, antioksidan yang melindungi terhadap kanker tertentu.

Kembang kol 
Selain merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, kembang kol kaya akan folat dan serat. Itu dikemas dengan senyawa yang membantu hati menetralisir zat beracun.

Bawang putih
Bawang putih memiliki berbagai manfaat kesehatan. Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah menurunkan kolesterol.

Sumber: lifestyle.sindonews.com

Berita Lainnya

Index