Kolaborasi Unilak dan PLN UIP3B Tanam Ratusan Pohon di Kampus Lancang Kuning

Kolaborasi Unilak dan PLN UIP3B Tanam Ratusan Pohon di Kampus Lancang Kuning

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM  --Unilak Riau bersama dengan PT PLN (persero) UIP3B berkolaborasi melakukan penanam ratusan pohon di lahan agrowisata tepatnya disamping fakultas Kehutanan. Selasa, 23/5/2023. Penanaman ratusan pohon yang dilakukan PLN dan Unilak dalam rangka peringatan hari bumi.

Hadir dalam penananam pohon ini Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS M.Hum Wakil Rektor I Dr Zamzami.M.Kom, Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto. SH MH, Dekan Fakultas Pertanian Dr Dedi Zargustin, sementar dari PLN Hadir Manager PT PLN UIP3B Ricky Faizal dan sejumlah pegawai

Penanam pohon diawali dengan penyerahan bibit secara simbolis dari PLN kepada Rektor Unilak, kemudian dilanjutkan penanaman pohon durian (Durio zibethinus Murr) diawali oleh Prof Junaidi dan Ricky Faizal, saat itu Rektor Unilak meletakkan pohon durian di lubang tanam yang telah disediakan kemudian pupuk kompos dimasukkan dan di sebar ke sekeliling tananam. Sementara Ricky Faizal menanam pohon limau manis (Citrus maxima). Yang kemudian dilanjutkan oleh jajaran Wakil Rektor, Dekan, Dosen, dan pegawai PLN. 

Rektor Unilak Prof Junaidi mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah bermitra dalam penanam pohon dan ini kami menyambut baik, apalagi dilakukan dalam rangka menyambut hari bumi. "Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk melakukan penghijauan, dan dilokasi lahan agrowisata Unilak ini telah berdiri pohon pohon beraneka ragam dan menjadi bahan peneltian dan edukasi mahasiswa." Ucap Prof Junaidi.

Disebutkan Prof Junaidi di Unilak ada Arboretum seluas 9 hektar dan keberadaanya juga menjadi pusat penelitian dan edukasi, dalam perkembangannya mendapatkan bantuan dari PT Pertamina Hulu Rokan, dan juga termasuk pengembangan danau dan taman ekoriaparian. "

"Kami membuka diri bagi PLN untuk terus bekerjasama baik dalam akademik maupun program kemitraan," ucap Prof Junaidi.

Sementara itu Ricki Faizal mengatakan penanaman pohon ini sebagai bentuk kepedulian PLN dan tanggung jawab bersama. Kami menyerahkan dan menanam sebanyak 240 pohon dengan jenis, mangga, durian, limau manis, matoa, yang akan ditanam di lingkungan kampus Unilak. Semoga 240 batang pohon ini bisa berkontribusi untuk memberikan udara yang lebih baik.

"Ini bisa jadi dilakukan kerjasama lanjutan antara Unilak dan PT PLN, kerjasama bisa dalam akademik Prodi Teknik Sipil, Teknik Elektro dll. Saya sangat terbuka. Nantinya mahasiswa Unilak dapat praktek kerja lapangan di PT PLN UIP3B." ucap Ricki.

Berita Lainnya

Index