Hebat, Dua Mahasiswa Teknik Unilak Ciptakan Produk Mesin Pencacah Kelapa Otomatis dan Drone Fix Wing

Hebat, Dua Mahasiswa Teknik Unilak Ciptakan Produk Mesin Pencacah Kelapa Otomatis dan Drone Fix Wing

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Dua karya mahasiswa Fakultas Teknik Unilak yang dipamerkan dalam kegiatan Bukit Barisan Expo 2023 dalam rangka Hari Ulang Tahun Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Kodam I/BB) ke-73 di kompleks Korem 031 Wira Bima, Sabtu (17/6/2023) lalu mampu memikat pengunjung yang datang ke stand Unilak. 

Produk yang ditampilkan yaitu Karya mahasiswa Ramlan Purba Fakultas Teknik yaitu Drone Fix Wings atau (drone sayap tetap) yang terkoneksi dengan hp android  dengan GPS dengan sistem kendali dual kontrol 1. Menggunakan kendali remote. Ke 2 menggunakan HP yang terhubung dengan gps, dan kemampuan jelajah max 2 km, drone ini berbahan styrofoam yang ringan, kegunaan untuk surveillance dan pemetaan. 

Produk kedua yaitu mesin pencacah kelapa automatis yang kendali PLC dan Arduino dan dioperasikan menggunakan layar sentuh karya dari mahasiswa atas nama Dito Aprialdi. Kegunaan untuk pembuat material briket sebagai salah satu solusi energi alternatif dalam pemanfaatan briket yang berasal dari limbah biomass. 

Menurut Kaprodik Teknik Mekatronika Unilak Hazra Yuvendius., S.T.,M.T untuk mesin pencacah tempurung kelapa nantinya akan dikembangkan fungsi pengadukan limbah plastik yang akan dicampur sehingga menghasilkan perpaduan briket dan limbah plasik sehingga menjadi solusi alteenatif tambahan untuk pengendalian limbah plastik.

Kegiatan pada selama dua hari ini stand Unilak ramai dikunjungi ratusan pengunjung yang ingin melihat dan bertanya terkait produk-produk yang ditampilkan berupa hasil karya penelitian dosen dan mahasiswa Unilak. Unilak sendiri mengirimkan Fakultas Teknik, Fakultas Kehutanan dan Fakultas Pertanian untuk turut pameran bersama sama dengan puluhan perguruan tinggi di Riau.

Berita Lainnya

Index