Tiga Dosen Fakultas Teknik Unilak Bantu Pendirian Musala di Kecamatan Kulim Pekanbaru

Tiga Dosen Fakultas Teknik Unilak Bantu Pendirian Musala di Kecamatan Kulim Pekanbaru

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Riau berperan besar memberikan kemajuan bagi pendidikan di Indonesia, termasuk peran dosen yang melakukan pengabdian kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh tiga dosen Fakultas Teknik Unilak yang menginisiasi pendirian musala dalam pelaksanaan Pengbadian Kepada Masyarakat di Pekanbaru.

Tiga dosen Fakultas Teknik tersebut dimulai dengan membantu desain perencanaan dan pembuatan persetujuan mendirikan bangunan, lokasi berada di di RT 02 RW 06 Kelurahan Mentangor, Kecamatan Kulim, Pekanbaru, Riau. Dosen tersebut adalah Andrie Herdiansyah, S.T., M.T., IAI sebagai Ketua Tim PkM, Apriliana Hidayati Nurdin, S.T., M.Ars dan Mutiara Yaumil Atika, S.Ars, M.Sc sebagai Anggota. Mereka adalah pakar di bidang arsitektur serta telah mengumpulkan pengalaman yang luas dalam proyek-proyek bangun gedung. 

Menurut Ketua Tim, Andrie Herdiansyah latar belakang membantu masyarakat disana dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan spiritual warga sekitar dan menciptakan fasilitas yang nyaman untuk ibadah. Ukuran musalanya sekitar 15.70m x 16m, menggunakan batu bata jumbo, tiap sudut ada rangka beton. 

Disebutkannya, proses perencanaan dan pembuatan izin mendirikan bangunan musholla ini melibatkan berbagai tahap. Pertama, melakukan survei lokasi dan berinteraksi dengan masyarakat setempat untuk memahami kebutuhan dan harapan mereka terhadap musholla yang akan dibangun. Selanjutnya, merancang desain musala yang sesuai dengan keinginan masyarakat dan juga memperhatikan aspek keamanan, estetika, dan keberlanjutan. "Setelah desain akhir disetujui, kami membantu dalam proses pengajuan persetujuan mendirikan bangunan ke pemerintah setempat. Mereka memberikan bimbingan dan memastikan bahwa semua persyaratan dan regulasi terpenuhi agar proses izin berjalan lancar." ucap Andrie, Selasa, 04/07/2023.

"Kami sangat bersemangat untuk melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat ini. Kami berharap musholla yang kami bangun akan menjadi tempat ibadah yang aman dan nyaman bagi masyarakat sekitar. Terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari pemerintah setempat dan masyarakat dalam mewujudkan proyek ini. Proses perencanaan dan pembangunan juga melibatkan mahasiswa tentunya ini menjadi bagian dari praktek lapangan mereka di dunia nyata."jelas Andrie.

Sementara itu RT 02 Sucipto merasa bersyukur proses pendirian musala dapat berjalan dengan baik, dan lancar. " Semoga peran dari tiga dosen Fakultas Teknik Unilak menjadi ladang amal yang terus mengalir kepada mereka, tentunya kami ucapkan terima kasih, semoga ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar."

Berita Lainnya

Index