Wirausaha Produk Jajanan Pasar, Pengabdian Dosen FEB Unilak

Wirausaha Produk Jajanan Pasar, Pengabdian Dosen FEB Unilak

RIAUREVIEW.COM --Persoalan persaingan pasar yang dihadapi peserta pelatihan dalam hal ini adalah ibu-ibu sebagai tulang punggung keluarga dalam menghasilkan tambahan penghasilan khususnya dalam berjualan produk jajanan pasar adalah kurangnya pilihan produk yang dihasilkan. Hal ini membuat para pelanggan mencari produk lainnya, kekurangan produk yang variatif ini menjadi sebuah kelemahan tersendiri. 

Tim pengabdian masyarakat dari FEB Unilak melaksanakan pengabdiannya dengan memberikan solusi cara berpikir kreatif dalam menghasilkan produk inovatif khususnya jajanan pasar.

Ada tiga jenis produk yang masih baru dinilai oleh peserta dalam pelatihan ini antara lain adalah kue empek-empek khas tembilahan, sosis solo dan juga pulut ketan pedas. Produk ini diberikan sebagai bentuk jenis produk baru yang dibuat dan akan mendorong para peserta untuk berpikir jenis kreasi seperti apa yang akan dibuatnya dalam mengembangkan kreasi produk yang telah mereka hasilkan. Semula peserta memiliki produk unggulan seperti martabak sanghai, nuget ayam, air tahu dan juga jajanan kue dari tepung. 

Berdasarkan hasil pengabdian yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2023 lalu pada kelompok usaha bersama (KUBE) Graha Permai, maka mengukur tingkat keberhasilan kegiatan yang telah dilaksanakan dengan cara melakukan evaluasi 2 (dua) tahapan yaitu sebelum (pretes) dan sesudah (pos tes). Kronologi pelaksanaan pengabdian yakni dengan sebelumnya memberikan penjelasan kepada anggota kelompok tentang arti pentingnya kreativitas produk dalam meningkatkan penjualan, sejauhmana pengetahuan anggota terhadap variasi produk,  manfaat yang akan diperoleh dan semangat anggota dalam mencoba melakukan variasi produk. 
Setelah mengikuti pengabdian hasil yang dicapai peserta adalah terjadi  perubahan pasca diberikannya pengabdian kepada anggota KUB Graha Permai, dimana perubahan yang paling besar berada pada arti pentinya produk variatif dibuat dalam rangka meningkatkan penjualan. Selain itu pentingnya produk yang inovatif buah dari kreativitas menjadi bagian dari upaya meningkatkan penjualan.
 

Berita Lainnya

Index