Tim PKM Dosen FEB Unilak Beri Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Bakso Patin di Rumah Kreatif

Tim PKM Dosen FEB Unilak Beri Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Bakso Patin di Rumah Kreatif

RIAUREVIEW,COM --Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lancang Kuning (FEB Unilak) Pekanbaru  terdiri dari Zulia Khairani, SE, MM, Efrita Soviyanti, SE, MM, dan Faizah Kamilah, SE., M.Ak, Ak serta melibatkan mahasiswi, yaitu Erma Wahyu Ningsih, Indah Putri Lestari telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada tanggal 17 Juni 2023 yang lalu,  di Rumah Kreatif di Kelurahan Rumbai Bukit Kecamatan Rumbai Barat.

PKM tersebut dilakukan dalam bentuk kegiatan pelatihan sekaligus merupakan bagian dari pelaksanaan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dosen  FEB Unilak  Zulia Khairani, SE, MM sebagai ketua tim  PKM Dosen FEB Unilak  mengatakan "bakso ikan patin dipilih sebagai objek pelatihan karena merupakan makanan yang potensial untuk dikembangkan di daerah tersebut. Melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pengolahan produk makanan dari ikan dan menumbuhkembangkan ide wirausaha'".

Katanya lagi "kegiatan PKM diikuti oleh ibu-ibu dari kelompok PKK Rumbai Bukit yang berjumlah 24 orang. Sebelum dilakukan pelatihan, tim dosen PKM melakukan survei awal bahwa terdapat  cukup banyak hasil panen dari kelompok masyarakat setempat, seperti ubi, pepaya, dan kolam ikan patin. Hanya saja hasilnya belum dimanfaatkan secara optimal. Potensi inilah yang dimanfaatkan oleh tim PKM untuk memberikan pelatihan kewirausahaan dengan  memanfaatkan ikan patin sebagai bahan dasar untuk pembuatan bakso, sehingga tim PKM dapat berkontribusi dalam diversifikasi konsumsi pangan masyarakat" kata Zulia Khairani, SE, MM.

"Penggunaan ikan patin sebagai bahan untuk pembuatan bakso  dapat memberikan manfaat dalam hal diversifikasi pangan, nilai nutrisi, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan bagi ibu-ibu. Dengan memanfaatkan potensi ikan patin secara optimal, dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan komunitas dan mempromosikan pola makan yang sehat dan berkelanjutan" ungkapnya.

"Selama pelatihan, suasana diskusi  dan interaksi yang aktif antara tim PKM Dosen FEB Unilak dan peserta diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan mendorong peserta untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh dalam mengembangkan usaha pengolahan bakso ikan patin." ujarnya.

“Pelatihan kewirausahaan pengolahan bakso ikan patin ini merupakan upaya positif dari tim dosen PKM FEB Unilak dalam mendukung mitra pengabdian mengembangan ekonomi masyarakat lokal. Melalui peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta, diharapkan usaha pengolahan bakso ikan patin dapat tumbuh dan memberikan dampak positif bagi masyarakat serta memberikan kontribusi pada pembangunan daerah.” harapan  Tim PKM  Dosen FEB Unilak.*

Berita Lainnya

Index