Kuliah 1,5 Tahun Sudah Bisa Wisuda, Yuk Pilih Unilak Dengan Jalur RPL

Kuliah 1,5 Tahun Sudah Bisa Wisuda, Yuk Pilih Unilak Dengan Jalur RPL

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM –Kementerian Pendidikan Tinggi memberikan kepercayaan kepada Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak) menjadi penyelenggara program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A.

Dijelaskan Kepada Biro Akademik Unilak, Ade Irwanda ST MM, jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, non formal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Luaran RPL berupa Transfer SKS dan Perolehan SKS. Transfer SKS adalah pengakuan terhadap kelulusan mata kuliah atau capaian sejumlah SKS yang telah diikuti oleh mahasiswa pada perguruan tinggi sebelumnya. Perolehan SKS adalah hasil asesmen dari pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan non formal, informal, dan/atau pengalaman kerja. Sabtu, 5 Agustus 2023.

“ RPL tipe A1 adalah penyetaraan SKS mata kuliah dari Lulusan SLTA/Sederajat yang pernah melaksanakan pendidikan nonformal dan/atau informal dan/atau memiliki sertifikasi kompetensi/profesi dan/atau pengalaman kerja yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang S1. Bagi calon mahasiswa yang mengambil program ini maka dilakukan asesmen maksimal 80 sks, artinya ketika kuliah S1 itu biasanya tamat paling cepat 3 tahun 8 bulan-4 tahun, maka dengan jalur ini bisa wisuda dalam tempo 1,5 tahun.

Untuk persyaratanya adalah KTP, KK, Ijazah terakhir,daftar riwayat hidup pekerjaan dengan tugas yang dilakukan, sertifkat kompetensi yang relevan dengan prodi tujuan, dokumentasi pekerjaan yang pernah sesuai dengan jabatan kerja yang relevan dengan prodi yang dipilih di Unilak, buku harian/catatan harian pekerjaan yang dilakukan di tempat kerja, lembar tugas/lembar kerja ketika bekerja diperusahaan, dokumentasi analisis/perancangan(parsial/lengkap) ketika bekerja di perusahaan, keanggota asosiasi profesi, surat reverensi dari pihak ketiga(lembaga) pemberi kerja, sertifikat penghargaan dari pemberi kerja, penilaian kerja dari perusahan pemberi kerja, atau dokumen lain yang relevan dari pemberi kerja.

"Secara sederhana contohnya begini, misalnya ASN/PPPK yang tamat SMA dan bekerja sebagai polisi hutan maka ini cocok mengambil program RPL prodi kehutanan, atau anggota polisi yang pendidikannya tamat SMA bisa mengambil Program RPL Prodi Ilmu Hukum." ucap Ade Irwanda ST.MM.

Prodi di Unilak untuk Program RPL yaitu, Ilmu Administrasi, Prodi Teknik Elektro, Teknik Sipil, Arsitektur, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Kehutanan, Agro Teknologi, Agribisnis, Pendidikan Biologi,    Pendidikan PG PAUD, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Sastra Inggris, Prodi Ilmu Perpustakaan,

Untuk persyaratanya dan informasi lainnya dapat menghubungi di nomor telepon 081268449989 atau klik https://unilak.ac.id/section/rpl

Berita Lainnya

Index